The Fintech E-Payment: The Impact to Financial Behavior

  • Rusnawati Rusnawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Miftha Farild UIN Alauddin Makassar, Indonesia
  • Eka Indriyani MS UIN Alauddin Makassar

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, penggunaan fintech e-Payment semakin meningkat, terutama di era PPKM saat ini. Dari data Asosiasi fintech Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan tahun 2017, pelaku fintech di Indonesia didominasi oleh bisnis pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan dan kualitas informasi terhadap sikap keuangan untuk mengetahui kepuasan masyarakat dalam menggunakan e-Payment fintech. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna layanan e-Payment fintech pada tiga layanan pembayaran seluler yang paling dikenal dan jumlah pengguna yang besar di masyarakat Indonesia, yaitu Gopay, Ovo, dan       T-Cash. Data diolah dan dianalisis menggunakan analisis partial least squares (SEM-PLS). Hasil penelitian ini adalah pengetahuan keuangan dan kualitas informasi mempengaruhi sikap keuangan melalui kepuasan masyarakat dalam menggunakan e-Payment fintech.

References

Ari, D.P.S. (2013). Pengaruh Technology Acceptance Model dan Pengembangannya dalam Sikap Menggunakan Core Banking System. Jurnal Keuangan dan Perbankan Volume 17 No. 2, Mei 2013

Arief Wibowo. (2006). Kajian tentang Sikap Pengguna Sistem Informasi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model.

Arner, D.W., Barberis, J., dan Buckley R.P. (2015). The evolution of Fintech: A new post-crises paradigm. University of HongKong.

Azwar, Saifuddin. (1995). Sikap manusia Teori dan Pengukurannya. Edisi kedua. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Christensen dan Bower. 1995. Disruptive Technologies: Catching the Wave, Harvard Business Review (1995).

Davis, Fred D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan User Acceptance of Information Technology. Dalam MIS Quarterly, September, Vol. 13 Issue 3 p.318-340.

Ernama Santi et. al. (2016). Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan terhadap Financial Technology(Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016). Diponegoro Law Journal Volume 6 No. 3 Tahun 2017.

Evy Nur Sugiarti, et. al. 2019. Peran Fintech dalam Meningkatkan Literasi Keuangan pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Malang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang

Goodhue D.L.dan Thompson R.L. (1995). Task-Technology Fit and Individual Performance. MIS Quarterly 19(2): 213-236.

Jogiyanto HM. (2007). Sistem Informasi KeSikapan. Penerbit: ANDI, Yogyakarta.

Ghazali, Imam. (2006). Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanggono, A. dkk. (2015). Analisis atas praktek TAM (Technology Acceptance Model) dalam mendukung bisnis online dengan memanaatkan jejaring sosial instagram. Jurnal Administrasi Bisnis Volume 26 No. 1 Tahun 2015.

Irmadhani. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Computer Self Efficacy terhadap Penggunaan Online Banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Volume 1 No. 3 Tahun 2012.

Irma Muzdalifa, Inayah Aulia dan Bella Gita. (2018). Peran Fintech dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif pada UMKM di Indonesia (Pendekatan Keuangan Syariah). Jurnal Masharif al-Syariah Universitas Muhammadiyah Surabaya Volume 3 No. 1, 2018

Koinwork. Com. (2018). Semua yang perlu anda ketahui tentang Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Lia Muhibatul Aliyah dan Nurdin. 2019. Pengaruh Layanan Keuangan Berbasis Teknologi (Fintech) terhadap Literasi Keuangan Masyarakat Dago Atas, Bandung. Prosiding Manajemen Universitas Islam Bandung Volume 5 Nomor 1 Tahun 2019.

Listiyanto, Leonardo. (2012). Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan tentang Profesi Akuntansi Publik terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) pada Mahasiswa Angkatan 2008 dan 2009. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Kajian Penelitian dan Akuntansi Indonesia Edisi 3 Volume 1 Tahun 2012

Meilisa Salim, et.al. (2014). Analisis Implementasi Program Financial Inclusion di Wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan (Studi pada Pedagang Golongan Mikro, Instansi Perbankan, Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonedia). Skripsi: Universitas Bina Nusantara

Muzdalifa, et.al. 2018. Peran Fintech dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif pada UMKM di Indonesia (Pendekatan Keuangan Syariah) Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Volume 3 No. 1 2018

Peraturan Bank Indonesia

Rini Handayani. 2005. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi. Tesis. Universitas Diponegoro, Semarang.

Siti Tutik Muntianah et.al. 2012. Pengaruh Minat Sikap Terhadap Actual Use Teknologi Informasi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Profit Volume 6 Nomor 1 Tahun 2012.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triana Fitriastuti, et. al. (2015). Implementasi Keuangan Inklusif Bagi Masyarakat Perbatasan (Studi pada Kutai Timur, Kalimantan Timur)

Wahid Wahyu Adi Winarto. 2020. Peran Fintech dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah Volume 3 No. 1 2020

Wibowo, Budi. 2016. Analisa Regulasi Fintech dalam membangun Perekonomian di Indonesia. Program Magister Teknik Elektro. Universitas Mercu Buana.

Published
2022-06-22
How to Cite
Rusnawati, R., Farild, M., & MS, E. I. (2022). The Fintech E-Payment: The Impact to Financial Behavior. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 20-32. https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v9i1.23793
Section
Artikel
Abstract viewed = 662 times