PERILAKU KONSUMSI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM DI KELURAHAN BAROMBONG KOTA MAKASSAR

  • Aulia Rahman UIN Alauddin Makassar
  • Muh Fitrah UIN Alauddin Makassar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pandangan Islam terhadap perilaku konsumsi Masyarakat di Kelurahan Barombong Kota Makassar.

            Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi etnografis dan normatif. Kemudian teknik pengolahan dan analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Perilaku konsumsi masyarakat di Kelurahan Barombong Kota Makassar tingkat ekonomi atas, untuk memenuhi kebutuhanya, sebagian masyarakat masih belum menerapkan perilaku yang sesuai dengan Islam, yaitu berperilaku tabzir (boros). Sedangkan perilaku konsumsi masyarakat di Kelurahan Barombong Kota Makassar tingkat ekonomi menengah dan tingkat ekonomi rendah dalam memenuhi seluruh kebutuhannya sudah sangat baik. Karena telah mengkonsumsi sesuai etika dan prinsip konsumsi dalam Islam.

References

Abdul Ghoful Anshori. Hukum Perjanjian Islam di Indonesia Konsep, Regulasi, dan Implementasi,Yogyakarta: Gadjah Mada Universal Press.(2002).

Adiwarman. Ekonomi Mikro Islami, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, (2007).

Afzalur Rahman, Doktrin ekonomi Islam Jilid II, Yogyakarta: PT. Dana bakti wakaf (1995).

Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras. (2009).

Bps-kotaMakassar Dalam-angka, di akses 22 desember 2017, jam 11:00 WITA

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Surabaya, Mekar Surabaya, (2004).

Ely Masykuroh, Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Pada Teori Ekonomi Mikro Islami Ponorogo: STAIN Ponorogo Press. (2008).

Heri Sudarsono, Konsep Ekonomi Islam Suatu Pengantar, (Yogyakarta: Ekonisia. (2002).

Hendrie Anto, Pengantar Ekonomika Mikro Islami, Yogyakarta: Ekonisia, (2003).

Husain Usman dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Social, cet. IV: Jakarta PT. Bumi Aksara. (2001).

Jaribah bin Ahmad Al-Harits, Fikih Ekonomi Umar bin AlKhatab, Penerjemah: Asmuni Solihan Zamakhasyari, Jakarta: KHALIFA Pustaka Al-Kautsar Grup, (2006).

Joko Subagyo, Metode Penelitian Dalam Teori dan Parktek, Jakarta PT Rineka Cipta. (2004)

John W.Carswell, Penelitian Kualitatif dan Desain Riset, Yogyakarta Pustaka Belajar. (2007)

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung,: Remaja Rosdakarya. (2011).

Lukman Hakim, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam, Jakarta, Erlangga, (2012).

Mawardi. Ekonomi Islam, Pekanbaru: Alaf Riau. (2007).

Muhammad Al-Mubarok. Nizamul Islam, Al-Iqtishad. Bairut; Darul Fikr. (2006).

Muhammad Nejatullah Siddiqi, Aspek-Aspek Ekonomi Islam, Solo: Ramadhani. (1991).

Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenada Media Group. (2014).

Al-Qodri Azizy, Membangun Fondasi Ekonomi Umat Yogyakarta: Pustaka Pelajar, (2004).

Rozalinda, Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya Pada Aktivitas Ekonomi Jakarta: Rajawali Press. (2014).

Said Sa’ad, Ekonomi Islam di Tengah Krisis Ekonomi Global, Jakarta Zikrul Hakim. (2007).

Sayid Ahmad Al-Hasyimi Afandi, Muhtasor Ahaadis An-nabawi, (Jeddah: Maktabah Daar Ihyaul Kutub Al Arobiyah. (2000).

Suharsimi Arikunto, Posedur Penelitian Suatu Pendekatan, (Edsi Revisi V, Jakarta: Rineka Cipta. (2002).

Sugiyono, Memahami penelitian kulitatif, Bandung Alfabeta, (2014).

Sunardi, M, dan H.D. Evers, Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok, Jakarta CV Rajawali. (1985).

Umer Chapra, Masa Depan Ilmu Ekonomi, Jakarta: Gema Insani Press. (2001).

Yusuf Qardhawi, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta Gema Insani Press. (1997).

Zaki Fuad Chalil, Pemerataan Distribusi Kekayaan Dalam Ekonomi Islam, Erlangga, (2009).

How to Cite
Rahman, A., & Fitrah, M. (1). PERILAKU KONSUMSI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM DI KELURAHAN BAROMBONG KOTA MAKASSAR. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 5(1). https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v5i1.4944
Section
Artikel
Abstract viewed = 1849 times