PERANAN BMT DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BAGI PEREMPUAN ( Studi Kasus BMT Kelompok Usaha Bersama Sejahtera 036 makassar )

  • Irwanuddin Irwanuddin UIN Alauddin Makassar

Abstract

            Penelitian in bertujuan untuk menguraikan peranan BMT dalam memberdayakan ekonomi perempuan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekan ekonomi dan sosiologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari BMT dan wawancara serta data sekunder dari riset kepustakaan. Selanjutnya metode pengumpulan data dilakukan dengan obeservasi, wawncara dan dokumentasi untuk selanjutnya di analisis dengan cara mereduksi data,  penyajian data dan penarikan kesimpulan.

              Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT berperan dalam memberdayakan ekonomi kaum perempuan. Pendapatan mereka bertambah sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menjadi lebih mandiri. Selain itu mereka menjadi semakin pandai dalam mengelola keuangan dan mulai terlibat aktif dalam pengambilan keputusan rumah tangga. Pemberdayaan perempuan mampu meningkatkan kesejahteraan serta kemandirian kaum perempuan dalam berbagai aspek kehidupan dalam hal ini ekonomi. Mengaplikasikan fungsi pemberdayaan perempuan dalam lembaga keuangan mikro seperti halnya BMT merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khusunya kaum perempuan.

References

A.Dzajuli dan Yadi Janwari. Lembaga- Lembaga Perekonomian Umat.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.

Andri Soemitra, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta : Kencana, 2010.

Burhan Bungin, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Prenata Media, 2005.

Basrowi dan Suwandi, Mamahami Penelitian Kualitatif , Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Guruddin. Rahma, “Peran BMT dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil (Study Kasus pada BMT Al-Amin Kota Makassar)”. Skripsi, Makassar: Fakultas .Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin, 2014.

Hajar. Siti, “BMT Al-Munawarrah dan Pemberdayaan Ekonomi Umat (Studi Kasus BMT Al-Munawarrah Pamulang)”. Skripsi. Jakarta: Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negri Jakarta, 2005.

Heri sudarsono. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Deskripsi dan Ilustrasi. Yogyakarta: Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII. Edisi Kedua. 2007.

Hertanto widodo. Panduan Praktis Operasional Baitul Mal wat Tammwil Bandung: Mizan. 1999.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Resdakarya, 2009.

Muhammad. Lembaga- lembaga keuanagan Ummat kontemporer. Jakarta: UII PRESS. 2000.

Nusa Putra dan Ninin Dwi Lestari, Penellitian Kualitatif . Jakarta: Raja Grafindo, 2012.

P. Joko Subagyo, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Ruhyat, Ilham, “Pembiayaan bagi Pemberdayaan Perempuan Miskin (Studi pada Koperasi Baitul Ikhtiar (BAIK) Bogor)”. Skripsi. Jakarta: Fakultas. Syariah dan Hukum UIN Jakarta, 2010.

How to Cite
Irwanuddin, I. (1). PERANAN BMT DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BAGI PEREMPUAN ( Studi Kasus BMT Kelompok Usaha Bersama Sejahtera 036 makassar ). LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1). https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v4i1.4994
Section
Artikel
Abstract viewed = 656 times