STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN GAS ELPIJI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

  • Kamaruddin Kamaruddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Abstract

            Penelitian ini berfokus pada “Tinjauan Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Gas Elpiji Perspektif Ekonomi Islam ( Studi Pada Distributor Gas Elpiji UD. Kamus Jaya Kabupaten Jeneponto ) Penelitian ini mengemukakan rumusan masalah yaitu Bagaimana strategi pemasaran agen elpiji UD. Kamus Jaya Jeneponto dalam meningkatkan volume penjualan. Berdasarkan  rumusan masalah tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran agen elpiji UD. Kamus Jaya Jeneponto dalam meningkatkan volume penjualan.

Jenis penelitian bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan informan untuk melakukan wawancara dan observasi menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu informasi yang bersumber dari pengamatan langsung dari lokasi penelitian setelah melakukan observasi dan wawancara. Sedangkan sumber sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumentasi atau studi kepustakaan untuk melengkapi data-data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu Redaksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Dan untuk uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu di tekankan pada uji validitas dan reliabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Gas Elpiji Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Distributor Gas Elpiji UD. Kamus Jaya Kabupaten Jeneponto), yaitu pemilik agen gas elpji UD. Kamus Jaya Jeneponto yang berada di Desa Dangkalaloe Kec. Bontoramba Kab. Jeneponto, sudah melakukan strategi pemasaran sesuai dengan aturan Islam. Karena Pemilik agen gas elpiji selalu memperhatikan kualitas produk yang dijual kepada masyarakat. Ketika adanya kesalahan dalam bongkar muat menyebabkan berkurangnya jumlah takaran yang dibeli konsumen, maka pihak agen tidak menjual tabung tersebut.

References

Al-Qur’anul Karim.

Alma, Buchari. Manajmen Pemasaran dan Pemesaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2009.

Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2011.

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran: Dasar, konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2011.

Basu Swasta. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta; Liberty, 2003.

_______. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Liberty, 2002.

_______. Manajmen Penjualan. Yogyakarta:BPEE,2001.

Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Mirzan Budaya Kreatif, 2001.

Emzir. Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta, 2014.

Fandy Tjiptono. Strategi Pemasran. Yogyakarta: Penerbit Andi,2005.

Febrianto, Hendra Galuh. Strategi Pemasaran pada Mini Market dalam Peningkatan Volume Penjualan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2008.

Husein Umar. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta; PT.Gramedia Pustaka Utama,2003.

J. Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: RosdaKarya, 2005

Kotler, Philip dan A.B. Susanto, Manajmen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: salemba Empat,2001.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2001.

Laksamana, Fajar. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

Rangkuti, Freddy. Strategy Promosi yang Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Mudayana. 2015. Analisis Strategi Pemasaran. Jurnal Khizanah Al-Hikmah 2 (1) : h. 21-23. https://ejurnal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/114 (14-Agustus-2017)

Munadi, Fandi. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor pada CV Turangga Mas Motor. Jurnal Pustaka.2(1)h.21-23. https://ejurnal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/114 (14-Agustus-2017)

R. Jauch, Lawrence dan William f. Glueck. Manajmen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga, 2003.

Saprijal. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Simpang Tangun Pasir Pengaraian. Riau: Rineka Cipta, 2013.

Sugiyono. Memahami Peneltian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta, 2008.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet XVII; Bandung: Alfabeta, 2012

Usi Usman. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Asmara Books, 2008.

Walker, Boyd dan Larrche. Manajemen pemasaran , Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global. Jakarta : Erlangga, 2000.

How to Cite
Kamaruddin, K. (1). STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN GAS ELPIJI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1). https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v4i1.5089
Section
Artikel
Abstract viewed = 1941 times