Prinsip dan Etika Pada Manajemen Pemasaran Dalam Upaya Pengembangan Bisnis Thaybah Mart

  • Sulkifli Herman Herman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nasir Hamzah Hamzah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Amiruddin Kadir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap manajemen pemasaran Thaybah Mart yang merupakan usaha dagang ritel milik Unit Usaha STIBA Makassar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan teoritik, normatif dan filosofis. Seluruh data yang diperoleh dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dan data sekunder yang berupa informasi tertulis dari literatur. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu Thaybah Mart menerapkan strategi bertahan hidup dengan pertimbangan jumlah modal yang dimiliki belum mampu untuk menambah volume penjualan atau menawarkan banyak diskon. Upaya pengembangan pemasaran di Thaybah Mart masih membutuhkan pembenahan SDM dan penambahan modal.

References

“Pentingnya Catatan Transaksi” (Keuangan). Pengusaha Muslim. no. 23 (Januari 2012).

Ad-Duwaisy, Ahmad bin Abdurrazzaq. (2009). Fatāwā al-Lajna ad-Dāimah lil Buhūts al-‘Ilmiyyah wal Iftā, Terj. M. Abdul Ghoffar. Fatwa- Fatwa Jual Beli (Cet. III) Bogor: Pustaka Imam Syafi’i.

Alma,Buchari. (2003). Dasar-dasar Etika Bisnis Islami(Cet. III). Bandung: CV. Alfabeta.

Al-Mushlih,Abdullah. (2013). Ma La Yasa’ at-Tijara Jahluhu, ter. Abu Umar Basyir, Fikih Ekonomi Islam. Jakarta: Darul Haq.

Al-Qur’an Al-Karīm

El-Ghandur, Achmad. (2006).Perspektif Hukum Islam; Sebuah Pengantar (Cet. II). Yogyakarta: Pustaka Fatimah.

Kadir,A. (2010). Hukum Bisnis Syariah dalam Al-Qur’an (Cet. I). Jakarta: Amzah.

Karim,Bustanul. (2018).Prinsip Pembangunan Ekonomi Ummat (Upaya Menggali Petunjuk Al Qur’an Dalam Mewujudkan Kesejateraan) (Cet. I). Ygyakarta: Diandra Kreatif.

Kasmir &Jakfar. (2017).Studi Kelayakan Bisnis;Edisi Revisi (Cet.XII). Jakarta: Prenademedia Group.

KBBI. (2017). Situs Resmi KBBI. http://kbbi.web.id/peran

Mardani. (2014). Hukum Bisnis Syariah. Jakarta:Prenadamedia Grup.

Qur’ani, Syahrul. (2018) Pengunjung Padati Thaybah Mart.http://stiba.ac.id/2011/12/12/ pengunjung-padati-thaybah-mart/

Saifullah,Muhammad. (2011).Etika Bisnis Islami dalam Praktek Bisnis Rasulullah (Vol. 19). Walisongo.

Tausikal,Muhammad Abduh. (2017). Bermodalkan Ilmu Sebelum Berdagang (Cet. II). Yogyakarta: Pustaka Muslim.

Wiyono, Slamet. (2005).Manajemen Potensi Diri. Jakarta: Grasindo.

Yosephus,Sinour. (2010).Etika Bisnis: Pendekatan Filsafat Moral Terhadap Perilaku Bisnis Kontenporer. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Yusanto,Muh. Ismail &Widjayakusuma,Muh. Karebet. (2018).Menggagas Bisnis Islami (Cet. II). Depok: Gema Insani.

Yusuf. (2018). Tugas Manajer Pemasaranhttp://jurnalmanajemen.com /tugas-manajer-pemasaran/

Published
2018-12-31
How to Cite
Herman, S. H., Hamzah, N. H., & Kadir, A. (2018). Prinsip dan Etika Pada Manajemen Pemasaran Dalam Upaya Pengembangan Bisnis Thaybah Mart. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 5(2). https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v5i2.6859
Section
VOL 5, NO 2 (2018)
Abstract viewed = 1601 times