Perilaku Produsen Menurut Yusuf Qordhowi dan Karl Marx

  • Nurul Cholidiyah UNIDA Gontor, STEBI Al-Muhsin

Abstract

Kegiatan produksi merupakan respon terhadap kegiatan konsumsi dimana  seorang produsen berusaha untuk melepaskan dirinya dari kefakiran dengan memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan maksimum. Hingga saat ini proses produksi belum seimbang dikarenakan para produsen masih terorientasi oleh laba optimum tanpa memperhatikan kualitas barang hasil produksi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemikiran Yusuf Qardhawi dan Karl Marx tentang perilaku produsen. Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur dengan pendekatan historis sosiologis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan metode induktif serta teknik komparatif deskriptif.

Yusuf Qardhawi berpendapat bahwa produsen melakukan kegiatan produksi karena ibadah kepada Allah. Sedangkan Karl Marx berpendapat bahwa produsen  tidak mempunyai kebebasan dalam kepemilikan modal dan alat produksi karena semuanya oleh Negara dan akan kembali kepada Negara.

References

Abdul Aziz Dahlan, Ensiklopedi Hukum Islam, (Ichtiar Baru van Hoeve 2001)

Afzalur Rahman, Doktrin Ekonomi Islam, (Jakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1995)

Ali, Misbahul, Prinsip Dasar Produksi dalam Ekonomi Islam, Jurnal Lisan al-Hal Vol. 5 No. 1, Juni 2013

Azizah, Mubarroh, Etika Perilaku Periklanan dalam Bisnis Islam, Jurnal Ekonomi Syari’ah Indonesia Vol. III, No. 1 Juni 2013

Babbilli, Mahmud Muhammad. Ekonomi dari Kacamata Islam. Malaysia: Siri Penerbitan Yayasan Islam Terengganu, 1990

Bahari, Yohanes, Karl Marx: Sekelumit Tentang Hidup dan Pemikirannya, Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol. 1 No. 1, April 2010

Deliarnov, Perkembangan Pemikiran Ekonomi, (Jakarta:Raja Grafindo Persada)

Hamid, Solahuddin Abdul, Reconstructing Entrepreneur’s Development Based on al-Qur’an and al- Hadith, International Journal of Business and Social Science Vol. 2 No. 19, October 2011

Hidayatullah, Materialisme Historis, ( Yogyakarta : Pura Pustaka 2009)

Isaiah Berlin, Karl Marx His Life and Environment, (New York: Oxford University 1963)

Juliyani, Erly, Etika Bisnis dalam Perspektif Islam, Jurnal Ummul Qura Vol VII, No. 1 Maret 2016

Kusnia, Siti Mina, Perilaku Pedagang di Pasar Tradisional Ngaliyan Semarang dalam Perspektif Etika Bisnis Islam, Skripsi di UIN Walisongo Semarang, 2015

Mubarroh, Azizah, Etika Perilaku Periklanan dalam Bisnis Islam, Jurnal Ekonomi Syari’ah Indonesia Vol. III, No. 1 Juni 2016

Muhammad, Etika Bisnis dalam Islam (Studi Kasus di Pasar Grong-Grong Kabupaten Pidie, Aceh), Jurnal TAHQIQA, Vol. 10, No. 22, Juli 2016

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam, Ekonomi Islam(P3EI), (Yogyakarta: Rajawali Press 2008)

Qardhawi, Yusuf, مشكلة الفقر وكيف عالجها الإسلام, (Maktab al-Wahbah Cetakan ke 6, 1995)

Ramly, Peta Pemikiran Karl marx,( Yogyakarta: PT.LKiS Pelangi Aksara)

Smythe, Dallas W, Communication: Blindspot of Western Marxism, Canadian Journal of Political and Social Theory/Revue canadienne de theorie politique et sociale, Vol. 1, No. 3 (Fall/Automne 1997)

Sukarno, Fahrudin, Etika Produksi Perspektif Ekonomi Islam, Jurnal Ekonomi Islam Al-Infaq, Vol. 1 No. 1, September 2010

Usman, Ermawati, Perilaku Produsen dalam Etika Bisnis Islam (Suatu Upaya Perlindungan Konsumen), Jurnal Hunafa Vol. 4 No. 3, September 2007

Yurista, Dina Yustisi, Prinsip Keadilan dalam Kewajiban Pajak dan Zakat Menurut Yusuf Qardhawi, Ulul Albab Jurnal Studi dan Penelitian Hukum Islam Vol. 1, No.1, Oktober 2017

http:/www.Wikipedia.org/wiki, diakses pada tanggal 29 Maret 2018 pada pukul 22.45 WIB

فكري احمد نعمان، النظرية الاقتصادية في الإسلام، (بيروت : مكتب الإسلامي 1985)

حسن سري، الاقتصاد الإسلامي مبادئ وأهداف وخصائص، ( مكة المكرمة : مركز السكندرية للكتاب، 1998 )

رفيق يونس المسري، أصول الاقتصاد الإسلامي، (بيروت: دار الشامية 1999)

يوسف القرضاوي، مشكلة الفقر وكيف عالجها الإسلام ، ( القاهرة : مكتب الوهبة الطبعة السادسة 1995)

How to Cite
Cholidiyah, N. (1). Perilaku Produsen Menurut Yusuf Qordhowi dan Karl Marx. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 5(2). https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v5i2.6995
Section
VOL 5, NO 2 (2018)
Abstract viewed = 4603 times