Manajemen Keuangan Masjid Se Sulawesi Selatan di Era Industri 4.0.

  • Agusdiwana Suarni Universitas Muhamamdiyah Makassar
    (ID)
  • Sri Andayaningsi Universitas Muhamamdiyah Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen keuangan Masjid Se Sulawesi Selatan di Era 4.0. Metode penelitian menggunakan studi eksplorasi dalam bentuk wawancara dan data laporan keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan Masjid telah memiliki laporan pencatatan keuangan akuntansi yang sangat sederhana dan belum ada standar laporan yang mengatur sehingga audit internal dan external belum ada. Laporan keuangan Masjid hanya terorganisir pada pendanaan pemerintah daerah karena memiliki kewajiban melaporkan laporan bulanan dan tahunan ke pemda setempat. Pelaporan keuangan Masjid yang akuntabilitas dapat memberikan kepercayaan baik dari pihak pemerintah, perusahaan dan masyarakat yang tujuan untuk membantu dalam pemecahan masalah kemiskinan di Indonesia dan terkhusus di area Sulawesi Selatan.

References

Abdul Rahman, A. R. 1998. An Introduction to Islamic Accounting Theory and Practice. CERT Publication. Kuala Lumpur Malaysia.

Janis Stephanie.,R & Budiarso.,N. 2017. Analisis Penerapan PSAK No.45 tentang pelaporan keuangan entitas nirlaba pada Jemaat GMIST PNIEL Kab. Kep.Sitaro. Jurnal Accountability 6(1)

Greenlee, J., Fischer, M., Gordon , T., & Keating , E. 2007. An investigation of fraud in non profit organizations, occurrences and deterrents. Non Profit and Voluntary Sector, 676-694.

Harahap S. 2013. Teori Akuntansi – Edisi revisi 2011. Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.

Halim, Abdul & Kusufi, S 2013. Akuntansi Sektor Publik: Dari Anggaran Hingga Laporan Keuangan dari pemerintah hingga tempat Ibadah. Jakarta: Empat Salemba

Ikatan Akuntasni Indonesia. 2011. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.45: Pelaporan Keuangan untuk entitas Nirlaba. Jakarta: Salemba

Lewis, M. 2006. Accountability and Islam. Fourth International Conference on Accounting and Finance in Transition. Adelaide.

Ranglin, Carlos G.. The relationships between years of experience, and church size, and the reported use of financial reporting practices and internal controls; A multiple regression study. Capella University, ProQuest Dissertations Publishing, 2014. 3646102.

Sulaiman, M. 2007. The internal control procedures of Mosques in Malaysia. Revista Universo Contabil.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta

Mulyadi, 2013. Sistem Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta.

Pontoj.,J R. 2013. Penerapan Laporan keuangan Organisasi Nirlaba berdasarkan PSAK No 45 pada Gereja BZL. Jurnal EMBA 1 (3): 129-139

Zoelisty C, Adityawarman. 2014. Amanah sebagai Konsep Pengendalian Internal pada Pelaporan Keuangan Masjid (Studi Kasus pada Masjid di Lingkungan Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Accounting 3(3):1-12.

How to Cite
Suarni, A., & Andayaningsi, S. (1). Manajemen Keuangan Masjid Se Sulawesi Selatan di Era Industri 4.0. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 5(2). https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v5i2.7288
Section
VOL 5, NO 2 (2018)
Abstract viewed = 737 times