Bauran Pemasaran Jasa dan Tingkat Hunian Pada Hotel Al-Badar Syariah

  • Muslimin Kara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rika Dwi Ayu Parmitasari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Zulfahmi Alwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Risna Risna Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan tingkat hunian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tamu yang menginap pada hotel Al Badar Syariah Makassar. sampel sebanyak 100 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Skala likert untuk mengukur data yang diperoleh. Data Penelitian dianalisis secara deskriptif dan regresi linear berganda dengan uji F dan uji t.

Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa product (X1), price (X2), process (X6) dan Physical evidence (X7) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap pada hotel Al Badar Syariah. Sedangkan Variabel promotion (X3), place (X4), dan people (X5) berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan tamu menginap pada hotel Al Badar Syariah Makassar. Adapun secara simultan product (X1), price (X2), promotion (X3), place (X4), people (X5) process (X6) dan physical evidence (X7) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap pada hotel Al Badar Syariah Makassar.

References

Alma, Buchari. 2008. “Manajemen Pemasarandan Pemasaran Jasa”. Bandung: Alfabeta.

Asri, Marwan. 1991. Marketing, Yogyakarta: UPP-AMP YKNPN.

Bassi, Aliming. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Konsumen pada Hotel Bintang Dua di Kota Palembang. Jurnal Manajemen Universitas Muhammadiyah Palembang.

Cordoba Internasional Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung. Cordoba.

Ghozali, Imam. 2005. “Aplikasi Analisis Multivariate”, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Joseph; William C. Black, Barry J. Babin dan Rolph E. Anderson, 2010, Multivariate Data Analysis, 7th edition, Pearson.

Infosky, “Kunci Sukses Bisnis”, dalam http://infosky.wordpress.com/2008/04/11/ Kunci-sukses-bisnis/ diakses 5 Januari 2017.

J. Stanton, William. 1984. “Prinsip Pemasaran”, alih bahasa Yohanes Lamarto, edisi ketujuh jilid ke 11, Jakarta: Erlangga.

Kartini,Fitri. 2014. Variabel Yang Mempengaruhi . EKBISI, Vol. IX, No. 1.

Karyono, Hari. 1997. Kepariwisataan. Jakarta: Grasindo.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementrian Pariwisata tahun 2015 (Laporan utama).

Mannan, Muhammad Abdul. 1992. “Ekonomi Islam: Teori dan Praktek (Dasar-Dasar Ekonomi Islam)”, Potan Arif Harahap Jakarta: Intarmasa, 1992.

Noor, Agus Mentari. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran 7(P) Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menggunakan Jasa Hotel Grand Sawit Di Samarinda.Journal Administrasi Bisnis, vol. 4, No. 4.

Philip, Kotler dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1; Jakarta: Erlangga.

Sari, Tia Puspita. 2014. “Pengaruh Produk Hotel Syariah Terhadap Keputusan Tamu Menginap Di Sofyan Hotel Betawi Dki Jakarta”. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sofyan, Riyanto. 2011. Bisnis Syariah Mengapa Tidak?, Jakarta, Gramedia Pustaka.

Statistik Daerah Provinsi Sulawesi Selatan 2015, (LaporanUtama)

Sunyoto, Danang. 2014. Praktik Riset Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Susanti, Dwi Ety. 2006. Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh dengan Keputusan Pelanggan Tetap Menginap di Hotel Palace Surabaya, ” Jurnal-jurnal Ilmu Sosial, Vol 6 No. 2.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen jasa. Yogyakarta: Andi offset.

How to Cite
Kara, M., Parmitasari, R. D. A., Alwi, Z., & Risna, R. (1). Bauran Pemasaran Jasa dan Tingkat Hunian Pada Hotel Al-Badar Syariah. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 40-68. https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v6i1.9412
Section
Vol. 6 No.1 Juni 2019
Abstract viewed = 736 times