The Challenges of School Library in Implementing an Integrated Library System
Abstract
Pendahuluan: Menerapkan teknologi di perpustakaan sekolah sudah menjadi keharusan di era saat ini. Ini dimaksudkan agar layanan perpustakaan meningkat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna saat ini. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan tantangan yang dihadapi perpustakaan sekolah SMP Teknologi Informasi Matahari dalam menerapkan integrated library system yang digunakan yakni Senayan Library Management System (SLiMS) sekaligus melihat solusi yang ditawarkan dalam menghadapi tantangan tersebut.
Metode penelitian: Data penelitian diperoleh dari pengalaman langsung peneliti yang menerapkan SLiMS di sekolah ini bersama dengan beberapa guru. Mulai dari perencanaan, pekerjaan instalasi hingga pengoperasiannya dilakukan dalam waktu 1 bulan lebih. Untuk menguatkan analisa, kajian literatur juga digunakan dalam penelitian ini.
Data analisis. Data dari pengalaman langsung ini selanjutnya dikategorikan berdasarkan tingkatan tantangan yang dihadapi sejak awal pengerjaannya hingga pengoperasiannya. Pada setiap tantangannya akan diuraikan satu persatu dan dikaitkan dengan kasus-kasus lainnya yang terjadi di tempat lain.
Hasil dan Pembahasan. Dalam penerapan ILS SLiMS di perpustakaan ini mencatatkan beberapa tantangan yang dihadapi/akan dihadapi. Secara garis besarnya tantangannya yakni ketersediaan fasilitas, keterbatasan sumber daya, perawatan dan pelestarian, dan keberlanjutan penerapan sistem.
Downloads
References
Ariyani, L. P. S., & Mudana, W. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah pada SMA dan SMK Negeri Se-Kota Singaraja: Permasalahan dan Solusi Pemecahannya. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 123. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13479
Ayuntari, A. (2014). Aplikasi Sistem Otomasi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMA Negeri 8 Yogyakarta. Yogyakarta. Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13173/
Firdayanti. (2019). Penerapan Sistem Otomasi Perpustakaan di SMA Swasta Semen Tonasa Kabupaten Pangkep. Makassar. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17703/
Hery Griadhi, M. (2015). Peningkatan Layanan Berbasis Teknologi Informasi (TI) pada Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 1(2).
Hidayati, E. (2021). Menjadi Pustakawan Sekolah: Tugas dan Kendala yang Dihadapi. Retrieved September 25, 2022, from https://kumparan.com/ernahidayati102/menjadi-pustakawan-sekolah-tugas-dan-kendala-yang-dihadapi-1vMFQs9EVmK/full
Ismail, A., Ahmad, N., & Affandy, H. B. (2013). The Use of ICT in Rural School Libraries. Journal of Asian Scientific Research, 3(6), 587–599.
Khotimah, N. (2017). Penerapan Sistem Otomasi SLiMS 7 Cendana pada Pelayanan Sirkulasi di Perpustakaan MTs Negeri 9 Bantul. Yogyakarta. Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28813/
Kurniawan, D. (2020). Yuk Mengenal Apa itu Softaculous! Retrieved August 13, 2022, from https://www.niagahoster.co.id/blog/softaculous-adalah/
Kurniawan, T., Suyitno, I., Fawzi, A., & Inawati. (2020). Peningkatan layanan perpustakaan sekolah menengah atas berbasis teknologi informasi. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 4(2).
Lincoln, Y. S., & Denzin, N. K. (2011). The Sage handbook of qualitative research. Sage Publications.
Musa, N. (2013). Urgensi dan Strategi Penerapan Teknologi Informasi di Perpustakaan. Pengembangan Perpustakaan Sekolah. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/308074335_Urgensi_dan_Strategi_Penerapan_Teknologi_Informasi_di_Perpustakaan
Nayana, J. (2019). A Study on Library Automation Status Among the Aided College Libraries in Bengaluru. Library Philosohpy and Practice (e-Journal), 3048. Retrieved from https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/3048/?utm_source=digitalcommons.unl.edu%2Flibphilprac%2F3048&utm_medium=PDF&utm_campaign=PDFCoverPages
Perpustakaan Nasional RI. (2011). Standar Nasional Perpustakaan (SNP): Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Presiden Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. , (2014).
Rahmah, E., Emidar, & Zulfikarni. (2018). Pengembangan perpustakaan sekolah berbasis teknologi informasi di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Padang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
Ritchie, J., Lewis, J., Nicholls, C. M., & Ormston, R. (2013). Qualitative research practice: A guide for social science students and researchers. sage.
Safii, M., Setiawan, Ansor, S., Ernaningsih, D. N., Rahmania, L. A., & Jayanti, C. T. (2021). Penerapan Otomasi Perpustakaan Sekolah di Malang Raya. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).
Saptono, S. B. (2013). Implementasi Sistem Otomasi Perpustakaan Berbasis Senayan Library Management System (SLiMS) Versi 5 (Meranti) dalam Pelayanan Sirkulasi di Perpustakaan SD Negeri Kotagede 3 Yogyakarta. Yogyakarta. Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8437/
Setiawan, Syahri, M., Ernaningsih, D. N., Inawati, & Dewi, A. N. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2).
Tirta Buana Media. (2022). Permasalahan Umum Perpustakaan Sekolah dan Solusinya. Retrieved September 25, 2022, from https://tirtabuanamedia.co.id/permasalahan-umum-perpustakaan-sekolah-dan-solusinya/
Yasliyanah, A. (2016). Penerapan Sistem Otomasi Perpustakaan pada SMA Negeri 6 Bone Kabupaten Bone. Makassar. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17689/
By submitting your manuscript to our journal, you are following Copyright and License