Preservasi Koleksi Naskah Kuno (Manuskrip) dalam Bantuk Digital di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Studi pada Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan)

  • Endry Putra Universitas Brawijaya
    (ID)
  • Ami Widya Universitas Brawijaya
    (ID)
Keywords: Preservasi digital, naskah kuno, alih media

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis kegiatan preservasi digital koleksi naskah kuno (manuskrip) yang telah dilakukan di Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan, mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan preservasi digital koleksi naskah kuno (manuskrip) di Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan. Konsep dalam penelitian ini terdiri dari proses digitalisasi naskah kuno, pengolahan naskah kuno setelah didigitalisasi, dan kegiatan preservasi digital naskah kuno. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu kegiatan preservasi digital koleksi naskah kuno (manuskrip) yang dilakukan oleh Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan sudah cukup baik. Kegiatan tersebut mencakup kegiatan proses digitalisasi naskah kuno, kegiatan pengolahan naskah kuno setelah didigitalisasi, dan kegiatan preservasi digital koleksi naskah kuno. Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang diperoleh yaitu berasal dari faktor sumber daya manusia, faktor teknologi, faktor anggaran, dan faktor koleksi. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kegiatan preservasi digital koleksi naskah kuno (manuskrip) masih dilakukan secara bertahap, walaupun adanya beberapa faktor yang menghambat seperti kurangnya sumber daya manusia, keterbatasan peralatan, kurangnya dana anggaran, dan banyaknya koleksi yang belum didigitalisasi, namun koleksi naskah kuno dalam bentuk digital tetap dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemustaka, peneliti, serta Masyarakat secara umum.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Endry Putra, Universitas Brawijaya

Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Administrasi

Ami Widya, Universitas Brawijaya

Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Adminisitrasi

References

Asmara, D. (2019). Peran Museum dalam Pembelajaran Sejarah. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, Vol. 2, No. 1. DOI: https://doi.org/10/31539/kaganga.v2i1.707

Awar, Saufudin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bachtiar. (2021). Konsep GLAM (Gallery, Library, Archives, Museum) pada Perpustakaan Universitas Islam Indonesia: Peluang dan Tantangan. Buletin: Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 4(1) 2021, 103-120.

Deegan, Marilyn, dan Tanner. (2006). Digital Preservation. London: Facet Publishing.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. (2022). Perpustakaan Nasional. Jakarta: Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta.

Fatmawati. (2018). Preservasi, Konservasi, dan Restorasi Bahan Perpustakaan. LIBRIA, 10(1), 13-32.

Gbaje, E., & Mohammed, M. (2017). Long-term Accessibility and Re-use of Institutional Repository Contents of Some Selected Academic Institutions in Nigeria. August 16-17.

Hidayah, N., Saufa, A. F. (2019). Preservasi Digital Arsip Naskah Kuno: Studi Kasus Preservasi Arsip di Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. 4, No. 1 ISSN (Online): 2528-021X.

Ifijeh, G. (2014). Adoption of Digital Preservation Methods for Thesis in Nigeria Academic Libraries: Application and Impication. Journal of Academic Librarianship, 40(3-4), 399-404. DOI: https://doi.org/10.1016/j.acalib.2014.06.08

Indonesia. Keputusan Menteri P dan K No. 0164/1980. Jakarta.

Indonesia. Keputusan Presiden RI No. 11 Tahun 1989. Jakarta.

Indonesia. Peraturan Perpustakaan Nasional RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perpustakaan Nasional. Jakarta.

Indonesia. Undang-Undang Cagar Budaya No. 5 Tahun 1992 Bab 1 Pasal 2. Jakarta.

Indonesia. Undang-Undang No 43. Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta.

Khadijah. (2021). Kegiatan Preservasi Naskah kuno Syekh Abdul Manan di Museum Bandar Cimanuk Indramayu. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, Vol. 9, No. 1.

Kuswati. (2021). Kegiatan Digitalisasi Naskah Kuno Sebagai Upaya Diseminasi Informasi (Studi Pustaka di Museum Radya Pustaka Surakarta, BPAD Provinsi Sulawesi Selatan dan Yayasan Sastra Lestari). Jurnal LIBRIA, Vol. 13, No. 1.

Lazinger, S. S. (2001). Digital Preservation and Metada: History, Theory, and Practice. Englewood: Libraries Unlimited.

Maryono & Pramono, M. (2020). Pengembangan Website Koleksi Langka Perpustakaan UGM sebagai Preservasi Digital Heritage Menuju Era Industri 4.0. Jurnal Kajian Informasi; Perpustakaan, 8(1), 1.

Meleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Musrifah. (2017). Strategi Preservasi Digital di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Khazanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 5(1), 67-83. DOI: http://dx.doi.org/10.24252/kah.v5i1a6

Nasution, H. (2015). Pelestarian Naskah di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Pendit, P. L (2007). Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.

Pendit, P. L. (2008). Perpustakaan Digital dari A sampai Z. Citra Karyakarsa Mandiri.

Pendit, P. L. (2009). Perpustakaan Digital: Kesinambungan & Dinamika. Jakarta: Citra Karyakarsa Mandiri.

Pratiwi, K. Y., Suprihatin., Setiawan, B. (2019). Analisis Penerapan Konsep GLAM (Gallery, Library, Archives, Museum) di Perpustakaan Bung Karno Blitar. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga (JPU), Vol. 9, No. 2.

Prastiani, I., & Subekti, S. (2017). Digitalisasi Manuskrip sebagai Upaya Pelestarian dan Penyelamatan Informasi: Studi Kasus pada Museum Radya Pustaka Surakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 141-150.

Putra., D. A., Andajani, K., Istiqomah, Z. (2018). Implementasi Preservasi Digital Koleksi Karya Ilmiah di Perpustakaan Maulana Malik Ibrahim Malang. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, Vol. 1, No. 2.

Rahmawati, L & Wahdah, S. (2019). Preservasi Naskah Kuno (Manuskrip) Kalimantan (Studi Kasus pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi dan Museum Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan). Antasari Press: Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah Universitas Islam Negeri Antasari.

Ramadhaniati, R. S. (2012). Preservasi Digital Terhadap Koleksi Naskah dan Buku Lama di Ruang Naskah Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Skripsi FIB: Universitas Indonesia, Depok. (online) (lib.ui.ac.id).

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, & Rahmi., L. (2018). Perpustakaan Digital "Isu Preservasi Digital" Alasan, Proses, dan Tantangan di Masa Depan. Jurnal Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi, Vol. 10 No. 2: Shaut Al-Maktabah.

Syafri, W., & Silalahi, U. (2015). Desentralisasi dan Demokrasi Pelayanan Publik Menuju Pelayanan Pemerintah Daerah Lebih Transparan, Partisipatif, Responsif, dan Akuntabel. Sumedang: Press Jatinangor: Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN), lv+ hal. 328, 25cm.

Winoto, Y. (2018). Membangun Kesadaran Masyarakat Sumedang dalam Melestarikan Warisan Budaya. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 6(1), 83-110.

Published
2023-11-18
How to Cite
Putra, E., & Widya, A. (2023). Preservasi Koleksi Naskah Kuno (Manuskrip) dalam Bantuk Digital di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Studi pada Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan). Literatify : Trends in Library Developments, 355-366. https://doi.org/10.24252/literatify.vi.42828
Abstract viewed = 383 times