Metode Pengajaran dan Pemanfaatan Sumber Perpustakaan untuk Peningkatan Prestasi Akademik Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

  • Resty Jayanti Fakhlina UIN Imam Bonjol Padang
    (ID)
  • Lailatur Rahmi UIN Imam Bonjol Padang
    (ID)
  • Lolytasari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
    (ID)
Keywords: Metode Pengajaran; Sumber Daya Perpustakaan; Pemanfaatan; Kinerja Akademik

Abstract

Dosen memerlukan berbagai macam sumber informasi untuk pengajaran dan penelitian, dengan tujuan memberikan dampak pengetahuan dan pengembangan diri mahasiswa. Agar pembelajaran dapat berlangsung, dosen dan mahasiswa khususnya calon professional Informasi lulusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi harus mempunyai akses dan menggunakan sumber informasi yang diperlukan secara memadai. Cara paling efektif untuk memobilisasinya adalah melalui penyediaan sumber informasi yang dibutuhkan di perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan membantu dosen mencapai tujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang melek informasi dan siap menghadapi pendidikan seumur hidup. Oleh karena itu, perpustakaan harus menyediakan akses terhadap sumber daya perpustakaan yang tersedia dan dukungan profesional ahli untuk memfasilitasi pemanfaatan sumber daya ini secara efektif. Sumber daya perpustakaan berisi informasi dalam format cetak dan non-cetak seperti buku cetak, jurnal, indeks, surat kabar dan majalah, laporan, internet, dan lain-lain. Sumber daya perpustakaan merupakan bahan mentah yang memberikan layanan vital dalam proses belajar mengajar. Sumber daya perpustakaan penting bagi penyusunan rencana pembelajaran semester oleh dosen dan bagi kemajuan pendidikan guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan ini, sumber daya perpustakaan harus dapat diakses oleh dosen pada waktu yang tepat dalam format yang sesuai. Artikel ini mensurvei metode pengajaran dan pemanfaatan sumber informasi perpustakaan di kalangan mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan memilih 244 responden dari total populasi 350 responden yang datanya diambil dari 70% responden yang dijadikan sampel. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan dari responden digunakan penghitungan frekuensi dan mean.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Araf Aliwijaya, & Hanny Chairany Suyono. (2023). Peluang Implementasi Artificial Intelligence di Perpustakaan: Kajian Literatur. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 4(2), 1–17. https://doi.org/10.24036/ib.v4i2.397

Eshbach, B. E. (2020). Supporting and engaging students through academic library programming. The Journal of Academic Librarianship, 46(3), 102129. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102129

Hariadi, A. (2021). Pemanfaatan Perpustakaan Oleh Dosen Dalam Menunjang Kegiatan Belajar-Mengajar di Politeknik Kelautan Dan Perikanan Dumai. Jurnal Pari, 7(1), 25. https://doi.org/10.15578/jp.v7i1.10307

Lau, K. S. N., Lo, P., Chiu, D. K. W., Ho, K. K. W., Jiang, T., Zhou, Q., … Allard, B. (2020). Library and learning experiences turned mobile: A comparative study between LIS and non-LIS students. The Journal of Academic Librarianship, 46(2), 102103. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.acalib.2019.102103

Lessky, F., Nairz-Wirth, E., & Feldmann, K. (2021). Informational capital and the transition to university: First-in-family students’ experiences in Austrian higher education. European Journal of Education, 56(1), 27–40. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/ejed.12437

Maria, M., Umran, L. O. M., & Jaya, A. (2023). Self Efficiacy Mahasiswa Prodi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Angkatan 2019. Jurnal Literasi Perpustakaan Dan Informasi: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.52423/jlpi.v3i1.31622

Mathar, T., Hijrana, Haruddin, Khaidir, A. A., Irawati, & Satriani. (2021). The Role of UIN Alauddin Makassar Library in Supporting “MBKM” Program. Proceedings of the International Conference on Social and Islamic Studies, 2015–2025.

Okiki, O. C., & Okonj, P. E. (2019). Access to information resource and opportunities for social inclusiveness: perceptions of visually impaired students of higher education institutions in Lagos, Nigeria. Gateway Information Journal, 20(1).

Putri, B. F. D. R. R. (2021). Peningkatan Tata Kelola Layanan di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Mataram. Journal of Progressive Innovation Library Service, 1(2), 1–15.

Stockemer, D. (2019). Quantitative Methods for the Social Sciences. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-319-99118-4

Umi Fania Julianti. (2022). Prestasi Belajar Mahasiswa Kaitannya dengan Kualitas Pengajaran Dosen. Jawa Tengah: NEM.

Yemisi, O. B., Clifford, I. B., & Ajala, B. A. (2021). Availability, Relevance and Use of Humanities Information Resource by Lecturers in Humanities Departments, Obafemi Awolowo University, Ile-Ife, Osun State. MiddleBelt Journal of Library and Information Science, 19.

Published
2023-11-15
How to Cite
Resty Jayanti Fakhlina, Lailatur Rahmi, & Lolytasari. (2023). Metode Pengajaran dan Pemanfaatan Sumber Perpustakaan untuk Peningkatan Prestasi Akademik Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam . Literatify : Trends in Library Developments, 319-334. https://doi.org/10.24252/literatify.vi.42717
Abstract viewed = 99 times