Kompetensi Literasi Informasi pada Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Imam Bonjol Padang
Abstract
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menciptakan revolusi di segala
bidang pengetahuan. Revolusi ini menjadi begitu nyata dalam pengemasan dan penyebaran
informasi. Abad ke 2l, lembaga pendidikan terutama pendidikan tinggi dihadapkan pada
banyaknya sumber daya elektronik dan database terutama pada bidang Ilmu Perpustakaan dan
Informasi sebagai pengelola atau professional informasi. Individu dihadapkan pada pilihan
informasi yang beragam dan berlimpah di lingkungan akademis, tempat kerja, dan kehidupan
pribadinya. Informasi tersedia melalui perpustakaan, pusat sumber daya komunitas, kelompok
minat khusus, berbagai media, serta berbagai jaringan termasuk Internet. Setiap hari orang
dibombardir dengan informasi yang berasal dari radio, televisi, surat kabar, majalah, jurnal,
buku, email, wiki, facebook, twitter, dll. Karena semakin banyak informasi tersedia dalam
berbagai bentuk, calon professional informasi dalam hal ini mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan
informasi memerlukan pengetahuan dan keterampilan untuk menemukan akses dan
menggunakannya secara efektif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan
kompetensi literasi informasi yang dimiliki oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi di
Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang dengan fokus pada tingkat Pengetahuan dan
keterampilan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei
deskriptif, menyebar angket pada mahaiswa dengan Teknik stratified random sampling pada
mahasiswa aktif tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
Kuesioner yang disebar menggunakan google form dan dianalisis secara deksriptif. Mahasiswa
terutama pada Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam seharusnya didasarkan pada
kemampuan literasi informasi karena lulusan diharapkan menjadi penyedia informasi namun
tidak dapat memainkan peran tersebut secara efektif tanpa memperoleh kompetensi literasi
informasi melalui pendidikan. Kompetensi literasi informasi yang diperoleh akan membantu
mahasiswa untuk mengatasi ledakan informasi di era ini serta membantu mencapai tujuan
sebagai professional informasi
Downloads
References
American Library Association. (1989). Presidential committee on information literacy: Final report. http://www.ala.org/acrl/publications/whitepapers/presidential
American Library Association. (2000). Information literacy competency standards for higher education. http://www.ala.org/Template.cfm?%20Section=Home&template=/ContentManag
ement/ContentDisplay.cfm&ContentID=33553
Cooper, T. (2019). Calling out “Alternative Facts”: Curriculum to Develop Students’ Capacity to Engage Critically with Contradictory Sources. Teaching in Higher Education, 24(3), 444–459.
Osbrone, H. and Parkinson, H. J. (2018, March 23). Cambridge Analytica Scandal: The biggest revelations so far. The Guardian. https://www.theguardian.com/us
Gregory, L., & Higgins, S. (2017). Reorienting an Information Literacy Program toward Social Justice: Mapping the Core Values of Librarianship to the ACRL Framework. Communications in Information Literacy, 11(1), 42–54.
Saunders, L. (2017). Connecting Information Literacy and Social Justice: Why and How. Communications in Information Literacy, 11(1), 55–75.
Cooper, T. (2019). Calling out “Alternative Facts”: Curriculum to Develop Students’ Capacity to Engage Critically with Contradictory Sources. Teaching in Higher Education, 24(3), 444–459.
Faix, A., & Fyn, A. (2020). Framing Fake News: Misinformation and the ACRL Framework. Portal: Libraries and the Academy, 20(3), 495–508.
Weiss, A. P., Alwan, A., Garcia, E. P., & Garcia, J. (2020). Surveying Fake News: Assessing University Faculty’s Fragmented Definition of Fake News and Its Impact on Teaching Critical Thinking. International Journal for Educational Integrity, 16.
Anderson, A., & Correa, E. (2020). Critical Explorations of Online Sources in a Culture of “Fake News, Alternative Facts, and Multiple Truths.”. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 29(1), 21–34.
Aharony, N., & Gazit, T. (2020). Students’ information literacy self-efficacy: An exploratory study. Journal of Librarianship & Information Science, 52(1), 224– 236. https://doi-org /10.1177/0961000618790312
Dawes, L. (2019). Faculty perceptions of teaching information literacy to first-year students: A phenomenographic study. Journal of Librarianship & Information Science, 51(2), 545–560. https://doi.org/:10.1177/0961000617726129
Weber, H., Becker, D., & Hillmert, S. (2019). Information-seeking behaviour and academic success in higher education: Which search strategies matter for grade
differences among university students and how does this relevance differ by field of study?. Higher Education, 77(4), 657–678. https://doi.org/:10.1007/s10734- 018-0296-4
Head, A. J., Wihbey, J., Metaxas, P. T., MacMillan, M., Cohen, D., & Project Information Literacy. (2018). How Students Engage with News: Five Takeaways
for Educators, Journalists, and Librarians. The News Study Report. Project Information Literacy. Project Information Literacy.
By submitting your manuscript to our journal, you are following Copyright and License