Etik Penggunaan Data Digital di Puskesmas: Studi Eksplorasi AI Microsoft Edge Bing Chat GPT-4

  • Primasari Badan Riset dan Inovasi Nasional Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial Humaniora
    (ID)

Abstract

Data digital merupakan sumber informasi yang sangat penting bagi pelayanan kesehatan di puskesmas. Namun, penggunaan data digital juga menimbulkan berbagai isu etik yang perlu diperhatikan, seperti privasi, keamanan, kualitas, dan tanggung jawab. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi etik penggunaan data digital di puskesmas dengan menggunakan AI Microsoft Edge Bing Chat GPT-4 sebagai alat bantu. Metode yang digunakan adalah studi ekplorasi dengan pendekatan cross seksional. Data dikumpulkan melalui pertanyaan mendalam dengan 3 variasi AI yang terdiri dari jawaban lebih Kreatif, lebih seimbang, lebih tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi dari AI memiliki persepsi yang beragam tentang etik penggunaan data digital di puskesmas. Beberapa jawaban menganggap data digital sebagai aset yang harus dilindungi dan dimanfaatkan secara optimal, sedangkan beberapa jawaban lainnya menganggap data digital sebagai tantangan dalam penggunaan data digital, seperti keterbatasan infrastruktur, sumber daya manusia, dan regulasi. AI Microsoft Edge Bing Chat GPT-4 dapat menjawab dengan baik setiap pertanyaan. Namun, AI Microsoft Edge Bing Chat GPT-4 juga menimbulkan beberapa potensi kesalahan, dan ketidakakuratan data. Oleh karena itu, diperlukan adanya pedoman bersama dalam etik yang jelas dan komprehensif untuk penggunaan data digital di Puskesmas, serta studi ekplorasi yang lebih khusus dalam penggunaan  AI Microsoft Edge Bing Chat GPT-4 untuk Etik penggunaan data digital di Puskesmas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brynjolfsson, E.; Rock, D.; Syverson, C. (2018) Artificial intelligence and the modern productivity paradox: A clash of expectations and statistics. In The economics of Artificial Intelligence: An Agenda; University of Chicago Press: Chicago, IL, USA; pp. 23–57.
Budiyanti, R. T., Herlambang, P. M., & Nandini, N. (2019). Tantangan Etika dan Hukum Penggunaan Rekam Medis Elektronik dalam Era Personalized Medicine. Jurnal Kesehatan Vokasional, 4(1), 49-54.
Kementrian Kesehatan, (2019) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Kemenkes: Jakarta.
Microsoft Edge, (2023) www.bing.com (diakses tanggal 20 Oktober 2023)
Microsoft Bing. (2023) Bing Chat with GPT-4 (diakses tanggal 20 Oktober 2023)
Primasari, P. (2013). Child Mortality, Nutritional Status and Health Care in Dompu District, West Nusa Tenggara, 2007–2011. Widyariset, 16(3), 467-472.
World Health Organization, (2022) WHO_ethicsAI_module1_unit4_en_v1.0.pdf. WHO: Jenewa
Published
2023-11-15
How to Cite
Primasari. (2023). Etik Penggunaan Data Digital di Puskesmas: Studi Eksplorasi AI Microsoft Edge Bing Chat GPT-4. Literatify : Trends in Library Developments, 383-397. https://doi.org/10.24252/literatify.vi.42714
Abstract viewed = 339 times