Implementation of Indigenous Knowledge Preservation in Public Library: Case Study in West Sumatera

  • Dian Hasfera Lecturer Department of Library Science and Islamic Information, FAH-UIN IB Padang
    (ID)
  • M Fadli Lecturer Department of Library Science and Islamic Information, FAH-UIN IB Padang
    (ID)
  • Majidah Lecturer Department of Library Science, FHISIP-UT
    (ID)
Keywords: Indigeneous Knowledge; Preservasi; Perpustakaan Umum

Abstract

Kearifan lokal atau dikenal dengan Indigenous Knowledge (IK) adalah pengetahuan yang dikembangkan secara turun temurun oleh masyarakat dalam suatu daerah dari waktu ke waktu, dan telah memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan berkelanjutan. Masyarakat adat di seluruh dunia terus menghadapi ancaman terhadap kelangsungan pengetahuan adat mereka karena pengaruh dari kemajuan pembangunan, teknologi dan informasi. Termasuk salah satunya adalah masyarakat adat Minang provinsi Sumatera Barat. Kekhawatiran ini semakin menjadi perhatian khusus terutama bagi pengamat sosial dan pemerhati budaya, karena kultur budaya Minangkabau yang berbasis lisan sehingga informasi pengetahuan masyarakat adat tidak terdokumentasikan, hal ini akan menyebabkan budaya Minangkabau bisa hilang tanpa diketahui oleh generasi penerusnya. Sebagai lembaga informasi, perpustakaan berperan penting untuk mendokumentasikan IK dengan baik, dikemas dan disimpan di perpustakaan dan pusat informasi, agar IK dapat langsung diakses oleh pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kearifan lokal (IK) dapat dikelola dengan baik di perpustakaan agar dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Dengan metode penelitian berupa studi kasus, hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan umum di Sumatera Barat telah mengikuti mandat IFLA terhadap pengelolaan dan pelestarian IK, berbagai kegiatan yang terkait dengan pengelolaan IK seperti pengumpulan, pencatatan dan dokumentasi, pengorganisasian, pelestarian dan penyimpanan, diseminasi dan penjaringan. Dari penelitian ini juga menghasilkan beberapa rekomendasi langkah-langkah praktis yang harus segera diambil, antara lain pelestarian IK dalam berbagai format dan media, untuk disimpan di perpustakaan umum dan dikurasi oleh pustakawan; pencatatan IK yang dilakukan dalam masyarakat adat atau pun dirumah melalui generasi ke generasi yang membuat catatan harian seperti ritual, doa, dan adat istiadat keluarga; serta pelestarian IK pada website yang dibuat dan dikelola oleh pustakawan di perpustakaan umum; dan perlunya partisipasi para tokoh adat dalam masyarakat adat Minangkabau yang merupakan pembawa hidup IK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

IFLA. (2002). IFLA Statement on Indigenous Traditional Knowledge.
Inrasari, D. (2015). Representasi Nilai Budaya Minangkabau Dalam Film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Universitas Islam Negeri (Uin) Alauddin Makassar.
Isah, A., Bashorun, M. T., & Omopupa, K. T. (2011). Libraries and preservation of indigenous knowledge in developing countries: The Nigeria experience. Library and Information Science in Developing Countries: Contemporary Issues, (January), 96–106. https://doi.org/10.4018/978-1-61350-335-5.ch008
Kaen, K., Mcllwaine, J., Whiffrin, J., & Munchen, K. G. S. (2001). Collecting and Safeguarding the Oral Traditions. Collecting and Safeguarding the Oral Traditions, (August 1999). https://doi.org/10.1515/9783110955439
Ladislaus M. Semali; Joe L. Kincheloe. (s.d.). WHAT IS KNOWLEDGE ? INDIGENOUS.
Lalonde, A., Langill, S., Initiative, W. P., Senanayake, S. G. J. N., Lanzano, C., World Bank, … Munn, T. (1998). Indigenous Knowledge for Development: A Framework for Action. Transcience. https://doi.org/10.1191/1464993405ps105oa
Library, T. C. (2002). THE INVESTIGATION AND MANAGEMENT OF THE SMALL-FOR-GESTATIONAL-AGE FETUS. In Royal College of Obstetricians and Gynaecologists - Guideline No. 31.
Mposhi, A., Manyeruke, C., & Hamauswa, S. (2013). The Importance of Patenting Traditional Medicines in Africa: the case of Zimbabwe. International Journal of Humanities and Social Science, 3(2), 236–246.
Muswazi, P. (2001). Indigenous Knowledge Management in Swaziland: perspectives, 17(4). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/02666660142410
Oyadonghan, J., Fyneman, B., & Eke, F. (2019). Information Repackaging and Its Application in Academic Libraries. International Journal of Computer Science and Information Security, Vol.4, 217–222.
Priti Jain. (2008). Indigenous Knowledge Systems, in Africa in Information and Knowledge Management in the Digital Age: Concepts, Technologies and African Perspectives. Ibadan: Nigeria: Third World Information Services Limited.
Programme), U. (United N. E. (2008). Indigenous knowledge in disaster management in Africa.
Yunnus, H. (2018). Preservation of indigenous knowledge ( IK ) by public libraries in Westcliff , Chatsworth , Durban Preservation of indigenous knowledge ( IK ) by public libraries in Westcliff , Chatsworth , Durban Farhana Yunnus Mini thesis submitted in partial fulfilmen, (November 2017).
Published
2023-12-27
How to Cite
Hasfera, D., M Fadli, & Majidah. (2023). Implementation of Indigenous Knowledge Preservation in Public Library: Case Study in West Sumatera. Literatify : Trends in Library Developments, 398-409. https://doi.org/10.24252/literatify.vi.43999
Abstract viewed = 506 times