Kearifan Budaya Lokal dalam Perspektif Dakwah (Studi Tentang Nilai-nilai Dakwah dalam Budaya Peta Kapanca Labo Compo Sampari pada Upacara Suna Ro Ndoso)
Abstrak
Prosesi Upacara Suna Ro Ndoso pada masyarakat suku Mbojo telah menjadi tradisi dan proses ritual adat yang sangat penting oleh masyarakatnya. Prosesi Upacara Suna Ro Ndoso merupakan warisan adat dari lelulur nenek moyang terdahulu. Berangkat dari cerita petua-petua tersebut, sehingga perlu kita ketahui bagaimana sebenarnya asal mulanya adanya proses adat dari Upacara Suna Ro Ndoso yang berkembang dari kalangan masyarakat bima. Pada mulanya masyarakat Bima
menganut sistem kepercayaan yaitu Makamba labo Makimbi yang dalam istilah sekarang dengan dikenal dengan sistem kepercayaan yang bercorak Animis-Dinamisme, dimana pokok kepercayaannya merupakan apa saja yang mereka peroleh dari warisan nenek moyangnya. Setelah Islam masuk di Dana Mbojo (tanah bima) dan menjadi acuan dasar Dou Mbojo (orang Bima), Dengan demikian, ajaran Islam sebagai inspirasi sumber hukum dan tata aturan dalam kehidupan masyarakat bima, baik masyarakat dalam kalangan biasa maupun dalam kalangan kerajaan. Selain itu juga, para pelaku dakwah menjadikan Adat Istiadat yang berkembang di Bima sebagai media dakwah sehingga dalam
kehidupan masyarakat bima dalam beberapa aspek diwarnai dan dijiwai oleh ajaran Islam. Tidak heran kemudian, masyarakat Bima dewasa ini memiliki adat istiadat yang bercorak Islam sebagai warisan yang diterima secara turun temurun, salah satunya yakni Ziki LaboPeta Kapanca pada upacara Suna Ro Ndoso.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ali, Baharuddin. “Prinsip-Prinsip Dakwah
Antarbudaya” jurnal dakwah
Tabligh: media pengkajian Dakwah
Dan Komunikasi Islam, edisi XXV,
Juni 2012.
Amin, M. Masyhur. Dakwah Islam dan
Pesan Moral. Cet. II; Yogyakarta:
Kurnia Kalam Semesta, 2002.
Aminullah Muhammad dan Nasaruddin
“Wajah Islam Nusantara Pada
Tradisi Peta Kapanca Dalam
Perkawinan Adat Bima”, Tajdid :
Jurnal Pemikiran Keislaman dan
Kemanusiaan, Vol. 1 no.1 (2017).
Arifuddin, Metode Dakwah Dalam
Masyarakat. Cet. I; Makassar:
Alauddin University, 2011.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta:
Rineka Cipta, 2000.
Fajrin, “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam
Pelaksanaan Zikir Labo Peta
Kapanca Pada Acara Pernikahan di
Desa Rasabou Kecamatan Sape
Kabupaten Bima”. Tesis (Makassar:
PPs UIN Alauddin, 2017).
Ismail, M. Hilir dan Alan Malingi, Upacara
Daur Hidup Masyarakat Bima-
Dompu. Yogyakarta: Transglobal,
Ismail, M. Hilir. Kebangkitan Islam di Dana
Mbojo. Bogor Indonesia: Cv Binasti,
Jamil, Abdul. Islam dan Budaya Lokal.
Yogyakarta: Pokja Akademik, 2005.
Kahmad, Dadang. Sosiologi Agama. Cet. IV;
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Konsultan syariat Islam al-Khairat, “sunat
khitan dalam islam” (2014)
https://www.alkhoirot.net/2013/1
/sunat-khitan-dalam-islam.html
(diakses, 15 Oktober 2019).
Muhtadi, Asep Saeful. Metode Penelitian
Dakwah. Bandung: PustakaSetia,
Pawito, Penelitian Komunikasi Kualitatif.
Cet. I; Yogyakarta: PT. LKS
Yogyakarta 2008.
Rahman, M. Fachrir. Pernikahan Di Nusa
Tenggara Barat: Antara Islam dan
Tradisi. Mataram: LEPPIM IAIN
Mataram, 2013.
Rahman, M. Facrir. Islam Di Bima kajian
Historis Tentang Proses Islamisasi
Dan Perkembangannya Sampai
Masa Kesultanan. Yogyakarta:
Genta Press, 2009.
Said, Nurhidayat muh. Dakwah dan
Berbagai Aspeknya. Cet. I;
Makassar: Alauddin University
Press, 2014.
Said, Nurhidayat Muh. Metode Penelitian
Dakwah. Cet. I; Makassar: Alauddin
University Press, 2013.
Soekanto, Soerjono dan Budi Sulistyowati,
Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta:
Rajawali Pers, 2015.
Wahid, Abdul. “Dakwah Dalam
Pendekatan Nilai-Nilai Kearifan
Lokal: Tinjauan Dalam Perspektif
Internalisasi Islam dan Budaya”,
Jurnal: Tabligh, vol. 19 no. 1, (2018).
Wahid, Abdurrahman. dkk., Islam
Nusantara. Bandung: Mizan, 2016.
Wahyuni, Agama dan Pembentukan
Struktur Sosial: Pertautan Agama,
Budaya dan Trasdisi Sosial. Cet. I;
Jakarta: Prenadamedia Group,
Zuhdi, Muhammad Harfin., “Dakwah dan
Dialektika Alkuturasi Budaya”,
Jurnal: Religia, Vol. 15, No. 1
(2012).