Utilization of Popular Symbols as Political Campaign Strategy in Indonesia

  • Sadhriany Pertiwi Saleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan simbol populer dalam kampanye politik Jokowi dan Ahok pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penggunaan simbol populer dalam meningkatkan kesadaran dan penerimaan masyarakat Jakarta yang ikut serta dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012, dan bagaimana aspek kesadaran dan penerimaan berkontribusi terhadap keberhasilan kampanye. Metode penelitian yang digunakan adalah evaluasi program hubungan masyarakat Ronald D Smith dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah teknik data kualitatif dalam bentuk wawancara dengan informan dan responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan simbol populer memiliki pengaruh signifikan pada kesadaran dan penerimaan masyarakat, yang juga berkontribusi pada kesuksesan kampanye politik Jokowi - Ahok dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi

Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Fiske, John. (1989). Understanding

Popular Culture. London: Unwin

Hyman.

Kilne, Paul. 1986. Handbook of Test

Construction: Introduction to

Psychometric Design. Australia: Law

Book Co of Australasia.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

West, Richard dan Lynn H. Turner. 2008.

Pengantar teori Komunikasi: Analisis

dan Aplikasi. Buku 1 edisi ke-3. (Terjemahan. Maria Natalia

Damayanti Maer ) Jakarta: Salemba

Humanika.

Smith, Ronald D. 2004. Strategic Planning

for Public Relations: Second edition.

New Jersey: Lawrence Erlbaum

Associates. Inc.

Storey, John. 2003. Teori Budaya dan

Budaya Pop, Memetakan Lanskap

Konseptual Cultural Studies.

Yogyakarta: Qalam.

Website

http://www.kpujakarta.go.id

http://themarketeers.com

http://www.agbnielsen.net

http://www.urbandictionary.com

http://www.ronniejamesdio.com

http://www.johnlennon.com/biography

http://www.genesimmons.com/bio

http://www.zappa.com/fz/interviews

www.tempo.co/read/

Published
2020-10-30
How to Cite
Saleh, S. P. (2020). Utilization of Popular Symbols as Political Campaign Strategy in Indonesia. Jurnal Mercusuar, 1(2). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/mercusuar/article/view/18031
Section
Artikel
Abstract viewed = 208 times