Utilization of Popular Symbols as Political Campaign Strategy in Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan simbol populer dalam kampanye politik Jokowi dan Ahok pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penggunaan simbol populer dalam meningkatkan kesadaran dan penerimaan masyarakat Jakarta yang ikut serta dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012, dan bagaimana aspek kesadaran dan penerimaan berkontribusi terhadap keberhasilan kampanye. Metode penelitian yang digunakan adalah evaluasi program hubungan masyarakat Ronald D Smith dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah teknik data kualitatif dalam bentuk wawancara dengan informan dan responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan simbol populer memiliki pengaruh signifikan pada kesadaran dan penerimaan masyarakat, yang juga berkontribusi pada kesuksesan kampanye politik Jokowi - Ahok dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012.
Downloads
References
Buku
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi
Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Fiske, John. (1989). Understanding
Popular Culture. London: Unwin
Hyman.
Kilne, Paul. 1986. Handbook of Test
Construction: Introduction to
Psychometric Design. Australia: Law
Book Co of Australasia.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
West, Richard dan Lynn H. Turner. 2008.
Pengantar teori Komunikasi: Analisis
dan Aplikasi. Buku 1 edisi ke-3. (Terjemahan. Maria Natalia
Damayanti Maer ) Jakarta: Salemba
Humanika.
Smith, Ronald D. 2004. Strategic Planning
for Public Relations: Second edition.
New Jersey: Lawrence Erlbaum
Associates. Inc.
Storey, John. 2003. Teori Budaya dan
Budaya Pop, Memetakan Lanskap
Konseptual Cultural Studies.
Yogyakarta: Qalam.
Website
http://www.urbandictionary.com
http://www.johnlennon.com/biography
http://www.genesimmons.com/bio
http://www.zappa.com/fz/interviews
www.tempo.co/read/