Pengaruh Aktor Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador Mie Sedap Korean Spicy Chicken terhadap Minat Beli Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Makassar)

  • Haerunnisa Ediman Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Kamaluddin Tajibu Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Audah Mannan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Peran iklan dalam mempengaruhi minat beli konsumen menjadi suatu fenomena yang menarik, apa lagi iklan tersebut diperankan oleh member K-POP yang peminatnya cukup populer di Indonesia oleh kalangan remaja dan mahasiswa, karena itu Chiwon Siwon (salah satu member K-POP) sebagai brand ambasador mie sedaap mendapat perhatian lebih, terlebih penelitian ini mengambil mahasiswa psikologi sebagai objek penelitian, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa ketertarikan pada daya tarik ketampanan menunjukkan presentasi 96% dari 88 responden, 89% menunjukkan tingkat kepercayaan pada integritas terhadap brand ambasador, 93% responden menjawab Chiwon pantas mengiklani iklan tersebut, berdasarkan variabel minat beli dengan presentase 68% dengan 63 responden dalam kurun waktu sebulan, diketahui dari 42 responden dengan persentase 46% yang menjawab alasan mengonsumsi mie sedaap korean spicy chicken adalah sebagai pengganti lauk, sebanyak 78 reponden dengan persentase 85% yang menjawab merekomendasikan produk mie sedaap korean spicy chicken untuk dikonsumsi. Sedangkan jumlah frekuensi terendah berada pada aspek promosi dengan frekuensi sebesar 67 responden dengan persentase 73% yang menjawab pernah mempromosikan produk mie sedaap korean spicy chicken.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, Suhasimi. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XIII.

Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Kamuslengkap. “Kamus Online.” Accessed

November 20, 2019.

https://kamuslengkap.com.

Kompas. “Digemari Milenial, Varian Rasa

Baru Mie Sedaap Goreng Korean

Spicy Chicken ‘Sold Out’ Di Pasaran.”

Agustus 2019 00:00 WIB, 2019.

https://kompas.id/baca/adv_post/mi

e-sedaap-goreng/.

Kusnandar, Viva Budy. “Inilah 10 Negara

Dengan Konsumsi Mi Instan Terbesar

Dunia 2018,” 2019.

https://databoks.katadata.co.id/data

publish/2019/07/03/inilah-10-

negara-dengan-konsumsi-mi-instanterbesar-

dunia-2018.

Masyita, Dina Arti. “Pengaruh Brand

Ambassador Dian Sastrowardoyo

Terhadap Brand Image Produk

Makeup L’OREAL PARIS (Studi Pada

Konsumen L’OREAL Kota

BANDUNG).” Jurnal Riset Akuntansi

Mercu Buana 3 (2017).

Priyono. Metode Penelitian Kuantitatif.

Sidoarjo: Zifatama Publishing, 2008.

Rea. “Choi Siwon, Dari ‘Super Junior’ Ke

Aktor Papan Atas Korsel,” 2019.

https://www.cnnindonesia.com/hibu

ran/20190806152627-234-

/choi-siwon-dari-super-juniorke-

aktor-papan-atas-korsel.

Silalahi, Ulber. Metode Penelitian Sosial

Kuantitatif. Cet.IV. Bandung: PT.

Refika Aditama, 2017.

Siwonchoi. “Iklan Mie Seedap,” 2019.

www.instagram.com.

Sutisna. Perilaku Konsumen & Komunikasi

Pemasaran. Cet III. Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2003.

Yoebrilianti, Anggit. “PENGARUH

PROMOSI PENJUALAN TERHADAP

MINAT BELI PRODUK FASHION

DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI

VARIABEL MODERATOR (Survei

Konsumen Pada Jejaring Sosial).”

JURNAL MANAJEMEN 8 (2018).

https://doi.org/https://doi.org/10.30

/jm.v8i1.660.

Diterbitkan
2020-10-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 415 times