Pengaruh Aktor Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador Mie Sedap Korean Spicy Chicken terhadap Minat Beli Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Makassar)
Abstrak
Peran iklan dalam mempengaruhi minat beli konsumen menjadi suatu fenomena yang menarik, apa lagi iklan tersebut diperankan oleh member K-POP yang peminatnya cukup populer di Indonesia oleh kalangan remaja dan mahasiswa, karena itu Chiwon Siwon (salah satu member K-POP) sebagai brand ambasador mie sedaap mendapat perhatian lebih, terlebih penelitian ini mengambil mahasiswa psikologi sebagai objek penelitian, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa ketertarikan pada daya tarik ketampanan menunjukkan presentasi 96% dari 88 responden, 89% menunjukkan tingkat kepercayaan pada integritas terhadap brand ambasador, 93% responden menjawab Chiwon pantas mengiklani iklan tersebut, berdasarkan variabel minat beli dengan presentase 68% dengan 63 responden dalam kurun waktu sebulan, diketahui dari 42 responden dengan persentase 46% yang menjawab alasan mengonsumsi mie sedaap korean spicy chicken adalah sebagai pengganti lauk, sebanyak 78 reponden dengan persentase 85% yang menjawab merekomendasikan produk mie sedaap korean spicy chicken untuk dikonsumsi. Sedangkan jumlah frekuensi terendah berada pada aspek promosi dengan frekuensi sebesar 67 responden dengan persentase 73% yang menjawab pernah mempromosikan produk mie sedaap korean spicy chicken.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto, Suhasimi. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XIII.
Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.
Kamuslengkap. “Kamus Online.” Accessed
November 20, 2019.
Kompas. “Digemari Milenial, Varian Rasa
Baru Mie Sedaap Goreng Korean
Spicy Chicken ‘Sold Out’ Di Pasaran.”
Agustus 2019 00:00 WIB, 2019.
https://kompas.id/baca/adv_post/mi
e-sedaap-goreng/.
Kusnandar, Viva Budy. “Inilah 10 Negara
Dengan Konsumsi Mi Instan Terbesar
Dunia 2018,” 2019.
https://databoks.katadata.co.id/data
publish/2019/07/03/inilah-10-
negara-dengan-konsumsi-mi-instanterbesar-
dunia-2018.
Masyita, Dina Arti. “Pengaruh Brand
Ambassador Dian Sastrowardoyo
Terhadap Brand Image Produk
Makeup L’OREAL PARIS (Studi Pada
Konsumen L’OREAL Kota
BANDUNG).” Jurnal Riset Akuntansi
Mercu Buana 3 (2017).
Priyono. Metode Penelitian Kuantitatif.
Sidoarjo: Zifatama Publishing, 2008.
Rea. “Choi Siwon, Dari ‘Super Junior’ Ke
Aktor Papan Atas Korsel,” 2019.
https://www.cnnindonesia.com/hibu
ran/20190806152627-234-
/choi-siwon-dari-super-juniorke-
aktor-papan-atas-korsel.
Silalahi, Ulber. Metode Penelitian Sosial
Kuantitatif. Cet.IV. Bandung: PT.
Refika Aditama, 2017.
Siwonchoi. “Iklan Mie Seedap,” 2019.
www.instagram.com.
Sutisna. Perilaku Konsumen & Komunikasi
Pemasaran. Cet III. Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2003.
Yoebrilianti, Anggit. “PENGARUH
PROMOSI PENJUALAN TERHADAP
MINAT BELI PRODUK FASHION
DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI
VARIABEL MODERATOR (Survei
Konsumen Pada Jejaring Sosial).”
JURNAL MANAJEMEN 8 (2018).
https://doi.org/https://doi.org/10.30
/jm.v8i1.660.