The Role of Preaching in Collecting Wealth Zakat at the Takalar District National Amil Zakat Agency (BAZNAS)

  • Syarifah Johar
    (ID)
Keywords: Preaching in the Collection of Maal Zakat, Preaching Process in Takalar Regency, Forms of Preaching in Maal Zakat Activities

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses dakwah dalam Pengumpulan Zakat maal di Kabupaten Takalar dan untuk mengkaji bentuk dakwah dalam Pengumpulan Zakat Maal di Kabupten Takalar.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berlokasi di Baznas Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan ilmu dakwah. Sumber data primer penelitian ini adalah para informan, yang menjadi informan kunci adalah Ketua Baznas Kabupaten Takalar Dan informan tambahan adalah Anggota-anggota Baznas. Sumber data sekunder adalah buku, internet, ebook, jurnal dan sumber data yang lain yang bisa dijadikan pelengkap. Metode pengumpulan yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses dakwah dalam pengumpulan zakat maal di kabupaten takalar yaitu: 1) Pembentukan pengukuhan satgas zakat, dimana pengukuhan satgas zakat dilakukan oleh Baznas dengan mengkukuhkan Penyuluh Agama Islam yang ada di Kabupaten Takalar. 2) Meningkatkan kerja sama, dimana baznas telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Takalar dengan mengkukuhkan Penyuluh sebagai satgas zakat dengan harapan dapat membantu memaksimalkan kegiatan pengumpulan zakat maal di Kabupaten Takalar. Sebagai bentuk dakwah yang dilakukan dalam pengumpula zakat maal di kabupaten takalar ada beberapa bentuk dakwah yang digunakan yaitu: 1). Dakwah bil hal, ialah dakwah yang mengaplikasikan perbuatan nyata atau tindakan yang nyata 2). Dakwah bil lisan ialah dakwah yang menyampaikan pesan melalui lisan, berupa ceramah yang digunakan di masyarakat saat peringatan hari-hari tertentu 3). Dakwah bil qalam, ialah dakwah yang menyampaikan pesan melalui tulisan seperi membuat pamflet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aden Rosadi, Zakat dan Wakaf Konsepsi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2019.
Ali, M. Sayuti. Metodologi Penelitian Agama Pendidikan Teori dan Praktek. Cet I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Al-Khubawiy, Terjemah Durratun Nashihin: Mutiara Petuah Agama. Jakarta: Bintang Terang. 2007.
Basit, Abdul. Filsafat Dakwah. Cet. I, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2013.
Hafidhuddin, Didin. Zakat dalam Perekonomian Modern. Cet.I; Jakarta: Gema Insani, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta CV.
Yafie, Ali. Menggagas Fiqh Sosial. Bandung: Sembiosa Rekatama. 1994.
Published
2022-12-12
How to Cite
Syarifah Johar. (2022). The Role of Preaching in Collecting Wealth Zakat at the Takalar District National Amil Zakat Agency (BAZNAS). Jurnal Mercusuar, 3(3), 368-378. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/mercusuar/article/view/42652
Abstract viewed = 24 times