PENCAPAIAN INDIKATOR SEKOLAH RAMAH ANAK PADA PAUD DI KECAMATAN MAJAULENG KABUPATEN WAJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan indikator-indikator pencapaian pendidikan ramah anak yang diterapkan lembaga pendidikan anak usia dini di Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Tulisan ini dihasilkan melalui penelitian lapangan (Field Reaserch) metode Kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari lingkungan dan bangunan sekolah TK Negeri Pembina dan TK PGRI Totengriajarangi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, data display, dan tahap penarikan kesimpulan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan 4 komponen pendidikan ramah anak sekolah TK Negeri Pembina telah menerapkan yaitu: 1) komponen Kebijakan sekolah menerapkan 7 indikator; 2) Pelaksanaan kurikulum menerapkan 7 indikator; 3) Pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak anak dengan 2 indikator tercapai dari 7 indikator; 4) Komponen sarana prasarana memenuhi 13 dari 16 indikator. Sekolah TK PGRI Totengriajarangi telah menerapkan 4 komponen yaitu: 1) Komponen kebijakan sekolah menerapkan 2 dari 7 indikator; 2) komponen pelaksanaan kurikulum menerapkan 7 indikator; 3) Pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak anak menerapkan 1 dari 7 indikator; 4) Komponen sarana prasarana menerapkan 13 dari 16 indikator. Implikasi penelitian ini adalah untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik serta mewujudkan lingkungan yang mendukung peserta didik untuk menumbuh kembangkan potensi yang ada dalam diri peserta didik.
Downloads
References
Adrian. D. E. (2012). Program Peningkatan Mutu Guru Berbasis Kebutuhan. Jurnal Manajemen Pendidikan. 23 (95)
Arifin., M., Sudarmono dan Desiderius Priyo Sudibyo. (2019). The Implimentation of Child-Friendly Schools: Challenges and Obstacles in the Era of Technological and Information Advancement. Jurnal Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 317.
Azhari. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Muqoran Q.S Luqman Ayat 12-15)”. [UIN Syarif Hidayatullah]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25129.(diakses 16/07/2020)
Depdiknas. (2004). Kurikulum SMK Edisi 2004b. Jakarta: Depdiknas.
Diyanti., Ayu Oktira. Chairil Budiarto dan Triandriani Mustikawati. (2014). Lingkungan Ramah Anak Pada Sekolah Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ruas, 12(2).
Djaali., dan Muljono .(2007). Pengukuran Dalam Bidang Penelitian. Jakarta:Grasindo.
Fikriyah dan Widia Nur Jannah. (2019). Child-Friendly Education Program In Elementary School Toward Traditional Game. Jurnal 4th Progressive and Fun Education International Conference (DFEIC 2019), 355.
Gaol., Ramsi Lumban. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH) Melalui Peran Pengawas Sekolah Di TK Pertiwi Medan. Jurnal Tematik, 9(1).
Hasyim., Sukarno L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam. Lentera: Kajian Keagamaan Dan Teknologi, 1(2).
Idzhar., A. (2016). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Office, 2(2).
Iskandar., Uray. (2015). Pengertian dan standar sekolah sehat, aman, ramah anak, dan menyenangkan. http://urayiskandar.com/2015/081
Kemendikbud. (2014). NSPK (Norma, Standar, Prosedur dan Kreteria) Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. anggunpaud.kemendikbud.go.id
Masfiah., Dewi. (2013). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok B Tk Kyai Hasyim Surabaya. Jurusan Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Suraba.
Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak. (n.d.). Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. https://disdikpora.bulelengkab.go.id
Mahnun., Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Pemikiran Islam, 37(1).
Mulyasa., Enco. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep Karakteristik, dan Implementasinya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. http://repositori.kemdikbud.go.id/12860/. (diakses 18/09/2020)
Qudsyi., Hazhira. (2010). Optimalisasi pendidikan anak usia dini melalui pembelajaran yang berbasis perkembangan otak. Buletin Psikologi, 18(2).
Ratnaningsih., Izriz. UPU Prihatsanti. dan ARPAR Prasetyo. A. R. (2015). Pelatihan bagi kader pendidikan anak usia dini (PAUD) Kecamatan Banyumanik Semarang. Info, 17(2).
Ridho., Rosyid. Markamah dan Darsinah (2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di KB “Cerdas” Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Penelitian Humaniora, 16(2).
Saat., Sulaiman dan Sitti Mania. (2018). Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula.
Sanjaya, W. (2011). Pembinaan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sayekti., Ika. Candra, Novita Wulan Sari, Nabila Alfarina Mutiara Primasti dan Megan Nina Sasarilia. (2018). Muatan Pendidikan Ramah Anak dalam Konsep Sekolah Alam. JPPD, 5(1).
Sholichah., Aas Sitti. (2018). Teori-teori Pendidikan dalam Al-Qur’an. Pendidikan Islam, 7(1).
Syafi’i., A. (2017). Upaya Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.
Utami., Ratnasari Diah. Mulat Kurnianingsih Dwi Saputra dan Farida Nur Kartikasari. (2017). Implementasi Penerapan Sekolah Ramah Anak Pada Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar. The 5th URECOL Proceeding.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Http://manlbengkalis.sch.id
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Http//:pelayanan.Jakarta.go.id
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasiona. http://luk.staff.ugm.ac.id.
Yulianto., A. (2016). Pendidikan Ramah Anak Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. Kajian Kependidikan Islam, 1(2).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).