PENGELOLAAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DI PAUD KEMALA BAYANGKARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen desain tata letak lingkungan indoor dan outdoor PAUD di TK Kemala Bhayangkari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan subjek penelitian satu seorang guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Kemala Bhayangkari berusaha menciptakan (1) lingkungan psikis yang nyaman bagi anak, yaitu guru selalu berusaha memberikan pengawasan dan perhatiaan kepada anak didiknya. Misalnya ketika anak sedang berebut mainan, guru selalu untuk mendekati anak dan menenangkan anak dengan mengalihkan anak ke permainan yang lain. (2) Lingkungan fisik yang mengutamakan prinsip keserasian, keindahan, keseimbangan, tata artistic, keamanan, nilai ekonomis dan kesatupaduan dalam manajemen desain lingkungan. Lingkungan fisik terdiri atas outdoor dan indoor. Lingkungan outdoor pada lingkungan belajar bukan hanya sebagai sarana untuk bermain tetapi sebagai sarana bagi anak untuk mengeksplorasikan keinginannya. Pada lingkungan indoor yang terdiri atas ruang kelas, ruang UKS, ruang bermain, ruang dapur dan toilet telah memenuhi beberapa prinsip pengelolaan desain lingkungan pada pendidikan anak usia dini .
Downloads
References
Al-Tabany, Triatno, Ibnu Badar (Ed). (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Fadliillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hidayatulloh, M. Agung. (2014). Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam. 8 (1): 2-14.
Lailatu Rohmah. (2016). Komparasi Manajemen Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini di TK Ceria Timoho dan RA Sahabat Berbah. Al-athfal: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (2): 2-15.
Lalompoh, Cyrus T, Lalompoh, Kartini, Ester. (2017). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.
Mariyana, Rita., Nugraha, Ali, dan Rachmawati, Yeni. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Mushlih, Ahmad, dkk. (2018). Analisis Kebijakan PAUD Mengungkap Isu-Isu Menarik Seputar AUD. Semarang: Mangku Bumi.
Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Tabdir Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2 (1): 2-16.
Suyadi. (2017). Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).