PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI MANAJEMEN ADMINISTRASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengelolaan manajemen administrasi di TK Amaliah BTN Tamarunang Indah II. Penelitian kualitatif jenis deskriptif ini mempunyai subjek yang menjadi informan yakni kepala sekolah, guru dan operator di TK Amaliah BTN Tamarunang Indah II. Data penelitian dikumpulkan melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Amaliah telah memenuhi standar dalam manajemen administrasi yaitu: a) Mengatur program pengajaran, secara umum telah disusun dengan baik, hal ini terlihat adanya perencanaan program kegiatan pengajaran dengan menyusun rencana kegiatan sesuai ketentuan; b) Mengatur kesiswaan, mencakup kegiatan pencatatan tentang anak didik sejak anak masuk sampai meninggalkan sekolah; c) Mengatur kepegawaian, meliputi menginventarisasi pegawai, mengusulkan formasi guru dan merencanakan, data guru honorer, supervisi pembelajaran, dan absen guru. d) Mengatur perlengkapan atau barang, mencatat secara rapi dan teratur, mengetahui keadaan perlengkapan dalam waktu singkat, dan mengaitkan kebutuhan barang yang diperlukan dengan program pengajaran dan proses belajar mengajar. e) Mengatur keuangan, mulai dari pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pertanggung jawaban. Dengan demikian, manajemen administrasi yang baik telah dilakukan oleh pihak sekolah sebagai salah satu upaya penting dalam peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini.
Downloads
References
Akilah, Fahmiah. (2017). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan IAIN Bone, 6 (1): 518-534
Noor, Fu’ad Arif. (2015). Manajemen Peserta Didik Raudatul Atfal. Jurnal Komunakasi dan Pendidikan Islam, 4 (6): 129-164
Bafadal, Ibrahim. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuji Desentralisasi. Surabaya: Bumi Aksara
Alwi, Basse M., Ramadani, Suci., Suhanir., Safira, Zulaika., & Herma, Tendri. (2018). Manajemen Peserta Didik pada Taman Pendidikan Anak Usia Dini Do’a Ibu. Nanaeke: Indonesian Journal Of Early Childhood Education, 1 (1): 53-62.
Dolong, Jefri. (2016). Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal lingkungan kementrian agama islam, 5 (1): 65-76
El Fiah, Rifda. (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Fattah, Nanang. (2012). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hatta, Ermitati., Ananto, Rangga Putra., Yentifa, Armel., Maryanti, Maryati., & Rissi, Dita Maretha. (2018) Pelatihan dan Pembenahan Manajemen Keuangan dan Administrasi Pada Yayasan PAUD dan TK Musa Enda Padang. Jurnal Akuntansi & Manajemen, 13 (2): 17-24
Hanafi, Muchammad. (2018). Peranan Administrasi Kepegawaian Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Efesiensi-Kajian Ilmu Administrasi, 15 (1): 51-59
Kurniadin & Machali. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Komariah, Nur. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Keislaman dan Peradaban, 6 (1): 67-94
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing
Mahidin. (2017). Kajian Administrasi Pendidikan di Dunia Pendidikan. Jurnal Al-Irsyad, 8 (1): 128-134
Miles, Mathew B & A. Michael Huberman. (2009). Qualitative data Analysis. di Terjh. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press
Suprihatin. (2004). Manajemen Sekolah. Semarang: UPT UNNES Press
Suyadi. (2017). Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2 (1): 51-70
Republik Indonesia. (2019). Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta
Ushansyah. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah Untuk Kemajuan Pendidikan. Ittihad: Jurnal Kopertais Wilayah II, Kalimantan, 15 (27): 13-22
Tim Penyusun. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).