PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI MANAJEMEN ADMINISTRASI

  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Rezeky Amaliah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Aeni Tasnim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Ayu Susanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurul Rezky Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Naldien Syarran Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengelolaan manajemen administrasi di TK Amaliah BTN Tamarunang Indah II. Penelitian kualitatif jenis deskriptif ini mempunyai subjek yang menjadi informan yakni kepala sekolah, guru dan operator di TK Amaliah BTN Tamarunang Indah II. Data penelitian dikumpulkan melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Amaliah telah memenuhi standar dalam manajemen administrasi yaitu: a) Mengatur program pengajaran, secara umum telah disusun dengan baik, hal ini terlihat adanya perencanaan program kegiatan pengajaran dengan menyusun rencana kegiatan sesuai ketentuan; b) Mengatur kesiswaan, mencakup kegiatan pencatatan tentang anak didik sejak anak masuk sampai meninggalkan sekolah; c) Mengatur kepegawaian, meliputi menginventarisasi pegawai, mengusulkan formasi guru dan merencanakan, data guru honorer, supervisi pembelajaran, dan absen guru. d) Mengatur perlengkapan atau barang, mencatat secara rapi dan teratur, mengetahui keadaan perlengkapan dalam waktu singkat, dan mengaitkan kebutuhan barang yang diperlukan dengan program pengajaran dan proses belajar mengajar. e) Mengatur keuangan, mulai dari pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pertanggung jawaban. Dengan demikian, manajemen administrasi yang baik telah dilakukan oleh pihak sekolah sebagai salah satu upaya penting dalam peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akilah, Fahmiah. (2017). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan IAIN Bone, 6 (1): 518-534

Noor, Fu’ad Arif. (2015). Manajemen Peserta Didik Raudatul Atfal. Jurnal Komunakasi dan Pendidikan Islam, 4 (6): 129-164

Bafadal, Ibrahim. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuji Desentralisasi. Surabaya: Bumi Aksara

Alwi, Basse M., Ramadani, Suci., Suhanir., Safira, Zulaika., & Herma, Tendri. (2018). Manajemen Peserta Didik pada Taman Pendidikan Anak Usia Dini Do’a Ibu. Nanaeke: Indonesian Journal Of Early Childhood Education, 1 (1): 53-62.

Dolong, Jefri. (2016). Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal lingkungan kementrian agama islam, 5 (1): 65-76

El Fiah, Rifda. (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Fattah, Nanang. (2012). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hatta, Ermitati., Ananto, Rangga Putra., Yentifa, Armel., Maryanti, Maryati., & Rissi, Dita Maretha. (2018) Pelatihan dan Pembenahan Manajemen Keuangan dan Administrasi Pada Yayasan PAUD dan TK Musa Enda Padang. Jurnal Akuntansi & Manajemen, 13 (2): 17-24

Hanafi, Muchammad. (2018). Peranan Administrasi Kepegawaian Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Efesiensi-Kajian Ilmu Administrasi, 15 (1): 51-59

Kurniadin & Machali. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Komariah, Nur. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Keislaman dan Peradaban, 6 (1): 67-94

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Mahidin. (2017). Kajian Administrasi Pendidikan di Dunia Pendidikan. Jurnal Al-Irsyad, 8 (1): 128-134

Miles, Mathew B & A. Michael Huberman. (2009). Qualitative data Analysis. di Terjh. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press

Suprihatin. (2004). Manajemen Sekolah. Semarang: UPT UNNES Press

Suyadi. (2017). Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2 (1): 51-70

Republik Indonesia. (2019). Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta

Ushansyah. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah Untuk Kemajuan Pendidikan. Ittihad: Jurnal Kopertais Wilayah II, Kalimantan, 15 (27): 13-22

Tim Penyusun. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published
2019-12-31
How to Cite
Damayanti, E., Amaliah, A. R., Tasnim, A., Susanti, N. A., Rezky, N., & Syarran, N. (2019). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI MANAJEMEN ADMINISTRASI. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 99-110. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i2.11580
Section
Artikel
Abstract viewed = 1727 times