PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF LATIN ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media puzzle untuk menumbuhkan kemampuan mengenal huruf latin anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan sampai uji tahap validasi dengan mengembangkan sebuah produk yang sudah ada sebelumya dengan menggunakan model pengembangan ADDEI, Analysis, Design, Develop, Evaluation, dan Implementation). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development/ R&D. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, adapun instrument penelitiannya yaitu lembar validasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data pengembangan dan analisis data kevalidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle huruf latin setelah dikembangkan dan divalidasi oleh ahli validator media dapat dikatakan sangat valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran huruf latin untuk anak usia dini, slain itu dapat memudahkan pendidik dalam proses belajar mengajar. Dari hasil analisis data kevalidan media dan instrument, diperoleh nilai rata-rata kevalidan dari semua validator 3,52≤V≤4 sangat valid sehingga dapat dikatakan media puzzle huruf latin dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf. Peningkatan ini terjadi karena kelengkapan fitur media puzzle huruf latin berupa tema yang beragam, ilustrasi yang menarik dari segi gambar, nama gambar, huruf a-z, warna, bentuk, dan segi penggunaannya.
Downloads
References
Cahyono, Hadi, ‘Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa, Universitas Muhammadiyah Ponorogo’, Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3.2 (2015)
Dinar, Sri Putri, ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Diskursus Multi Reppresentasi (DMR) PadaMateri Sistem Reproduksi Manusia’ (Universitas Islam Negri Alauddin Makassar, 2021)
Dwi, Estri martianingtyas, ‘Research and Development: Inovasi Produk Dalam Pembelajaran, Researchgate’ (Universitas Muhammadiah Purwokarto, 2019)
Khuriah, Marfuatun, ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Adi RA Muslimat NU Pasuruhan 2 Mertoyudan Magelang’ (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014)
Latif, Mukhtar. Zulkhairina, Rita Zubaidah, Muhammad Afandi, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Kencana, 2016)
Madyawati, Lilis, Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak (Jakarta: kencana, 2017)
Marlinda Dona, ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pohon Huruf (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A Di TK Mafhadhol Tambang Sawah Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu)’ (Bengkulu, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu., 2014)
Mustami, Muhammad Khalifa, ‘Validitas Pengembangan Penuntun Praktikum Ilustratif Mikroteknik Hewan Berbasis Guided Inquiry’, Jurnal Ilmiah Pena, 11.1 (2017)
Punaji, Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan Edisi Ke Empat (Jakarta: PT Kharisma putra utama, 2016)
Putra Nusa, Research & Development Penelitian Dan Pengembangan: Suatu Pengantar (Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2019)
Rahayuningsih, Sheila Septiana. Tritjahjo Danny Soesilo, dan Mozes Kurniawan., ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar’, Jurnal Pendidikan an Kebudayaan, 9.1 (2019)
Sari, Yeni Diana Mella, ‘Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make A Match Materi Pengambilan Keputusan Bersama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Kelas VA SDN Bojong Salaman 01 Samarang’ (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Samarang, 2016)
Srimulyanti, ‘Pengembangan Puzzle Edukatif Sebagai Media Pengenalan Angka Ntuk Kelompok A Di TK Purbonegaran, Gondokusuman, Yogyakarta’ (Yogyakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Yogyakarta, 2016)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2019)
Trisniwati, ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 TK ABA Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta’ (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Yogyakarta, 2014)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).