MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA TAMAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DO'A IBU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan manajemen peserta didik di Taman PAUD Doa Ibu Jl. Tamalate 1 Kampus UNM IV Tidung Makassar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil salah satu guru di Taman PAUD Doa Ibu sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman PAUD Doa Ibu telah memenuhi standar dalam manajemen peserta didik yaitu: a) Perencanaan peserta didik dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah peserta didik serta rasio perbandingan antara guru dan anak.b) Kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik dicatat kedalam buku absensi. c) Pencatatan dan pelaporan peserta didik dilaksanakan dalam bentuk buku induk anak serta buku alumni. d) Pembinaan peserta didik dilakukan melalui beberapa layanan yakni layanan bimbingan dan konseling serta layanan kesehatan. e) Evaluasi peserta didik dilakukan melalui beberapa carayakni observasi, wawancara, dan portopolio. f) Kelulusan dan alumni peserta didik dibuktikan dengan pemberian ijazah. g) mutasi peserta didik ditandai dengan pemberian surat pindah.
Downloads
References
Ayriza, Yulia. Metode Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-yulia-ayriza-msi-ph-d/g-metode-penilaian-perkembangan-bpkb.pdf
Badrudin.(2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta:PT Indeks
Perdana, A, P., Nugroho, W, A., & Tukiran (2016). Manajemen Peserta Didik. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo. https://nuwamajournalist.files.wordpress.com/2018/01/makalah-manajemen-peserta-didik.pdf&ved=2ahUKEwjm8c6VkcffAhWPiHAKHa8ND5AQFjAHegQIBxAB&usg=AOvVaw2Mx8mC8j0UozlCJp7IyfJ3
Saptaningtyas., H.D. (2008). Kajian Kesesuaian Antara Permintaan Dan PenyediaanLembaga Pendidikan Anak Usia Dini Jalur Non Formal Di Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Tesis.https://core.ac.uk/download/pdf/11717325.pdf. Semarang: Universitas Diponegoro.
Syamsuddin.(2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Idaarah(Online), Vol I No.1 Tahun 2017 http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/download/4084/3773
Zahro, F, I. (2016). Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PG PAUD STKIP Siliwangi. Volume 1 Nomor 1, Oktober 2015: 92-111 www.google.com/search?safe=strict&oq=aqs=mobile-gws-lite.1.35i39l3...3&q=manajemen+penilaian+paud+jurnal+pdf.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).