MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA TAMAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DO'A IBU

  • Besse Marjani Alwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suci Ramadani Universitas Islam Negeri Uin Alauddin
    (ID)
  • suhanir suhanir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • zulaika safira Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Tendri Herma Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan manajemen peserta didik di Taman PAUD Doa Ibu Jl. Tamalate 1 Kampus UNM IV Tidung Makassar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif   kualitatif dengan mengambil salah satu guru di Taman PAUD Doa Ibu sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman PAUD Doa Ibu telah memenuhi standar dalam manajemen peserta didik yaitu: a) Perencanaan peserta didik dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah peserta didik serta rasio perbandingan antara guru dan anak.b) Kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik dicatat kedalam buku absensi. c) Pencatatan dan pelaporan peserta didik dilaksanakan dalam bentuk buku induk anak serta buku alumni. d) Pembinaan peserta didik dilakukan melalui beberapa layanan yakni layanan bimbingan dan konseling serta layanan kesehatan. e) Evaluasi peserta didik dilakukan melalui beberapa carayakni observasi, wawancara, dan portopolio. f) Kelulusan dan alumni peserta didik dibuktikan dengan pemberian ijazah. g) mutasi peserta didik ditandai dengan pemberian surat pindah. 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
##submission.authorWithAffiliation##
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
##submission.authorWithAffiliation##
Jurusan Pendidikan islam anak usia dini
##submission.authorWithAffiliation##
Jurusan Pendidikan islam anak usia dini
##submission.authorWithAffiliation##
Jurusan Pendidikan islam anak usia dini

Referensi

Ayriza, Yulia. Metode Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-yulia-ayriza-msi-ph-d/g-metode-penilaian-perkembangan-bpkb.pdf

Badrudin.(2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta:PT Indeks

Perdana, A, P., Nugroho, W, A., & Tukiran (2016). Manajemen Peserta Didik. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo. https://nuwamajournalist.files.wordpress.com/2018/01/makalah-manajemen-peserta-didik.pdf&ved=2ahUKEwjm8c6VkcffAhWPiHAKHa8ND5AQFjAHegQIBxAB&usg=AOvVaw2Mx8mC8j0UozlCJp7IyfJ3

Saptaningtyas., H.D. (2008). Kajian Kesesuaian Antara Permintaan Dan PenyediaanLembaga Pendidikan Anak Usia Dini Jalur Non Formal Di Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Tesis.https://core.ac.uk/download/pdf/11717325.pdf. Semarang: Universitas Diponegoro.

Syamsuddin.(2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Idaarah(Online), Vol I No.1 Tahun 2017 http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/download/4084/3773

Zahro, F, I. (2016). Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PG PAUD STKIP Siliwangi. Volume 1 Nomor 1, Oktober 2015: 92-111 www.google.com/search?safe=strict&oq=aqs=mobile-gws-lite.1.35i39l3...3&q=manajemen+penilaian+paud+jurnal+pdf.

Diterbitkan
2018-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 3476 times