DETEKSI DINI PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2-3 TAHUN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurafia Nurafia Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Elim Emelia Kamal Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pencapaian perkembangan anak usia 2-3 tahun berdasarkan standar pendidikan nasional PAUD dan melakukan deteksi dini terhadap hambatan pencapaian perkembangannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak tiga anak. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan wawancara serta memberikan beberapa rangkaian stimulus untuk mendukung munculnya respon pencapaian perkembangan yang hendak diukur. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek telah memenuhi hampir semua indikator tingkat pencapaian perkembangan berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan anak dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, meskipun masih ada beberapa yang belum mampu dilakukan. Berhasil tidaknya perkembangan dari ketiga subjek tidak terlepas dari peran orang tua dalam memberikan stimulus dan bimbingan yang tepat menentukan keberhasilan pencapaian perkembangan anak dari semua aspek perkembangan yang diukur: aspek nilai agama-moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eka Damayanti, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Nurhasanah Nurhasanah, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Nurafia Nurafia, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Elim Emelia Kamal, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Danim, Sudarwan. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana.

Hidayat, O.S. (2000). Metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Huliyah, M. (2016). Pengembangan Daya Seni Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Rudhatul Athfal, Vol. 1 No.2 Tahun 2016.

Hurlock, E.B. (2002). Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Indrijati, Herdina. (2016). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Kencana.

Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1 Nomor 6 November 2013.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Putro, K.Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol 16 No. 1 Tahun 2016.

Rohani. (2016). Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Raudah, Vol. 4 No.2 Tahun 2016.

Santrock. J. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Setiawan. (1995). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Indeks

Sit, Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.

Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana

Tirtayani, L.A., Asril., N.M., & Wirya, I. (2014). Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusuf, Syamsu. (2016). Psikologi Perkambangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2019-06-28
How to Cite
Damayanti, E., Nurhasanah, N., Nurafia, N., & Kamal, E. E. (2019). DETEKSI DINI PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2-3 TAHUN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 10-24. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9224
Section
Artikel
Abstract viewed = 5265 times