DETEKSI DINI PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2-3 TAHUN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pencapaian perkembangan anak usia 2-3 tahun berdasarkan standar pendidikan nasional PAUD dan melakukan deteksi dini terhadap hambatan pencapaian perkembangannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak tiga anak. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan wawancara serta memberikan beberapa rangkaian stimulus untuk mendukung munculnya respon pencapaian perkembangan yang hendak diukur. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek telah memenuhi hampir semua indikator tingkat pencapaian perkembangan berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan anak dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, meskipun masih ada beberapa yang belum mampu dilakukan. Berhasil tidaknya perkembangan dari ketiga subjek tidak terlepas dari peran orang tua dalam memberikan stimulus dan bimbingan yang tepat menentukan keberhasilan pencapaian perkembangan anak dari semua aspek perkembangan yang diukur: aspek nilai agama-moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Danim, Sudarwan. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana.
Hidayat, O.S. (2000). Metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Huliyah, M. (2016). Pengembangan Daya Seni Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Rudhatul Athfal, Vol. 1 No.2 Tahun 2016.
Hurlock, E.B. (2002). Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Indrijati, Herdina. (2016). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Kencana.
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1 Nomor 6 November 2013.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Putro, K.Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol 16 No. 1 Tahun 2016.
Rohani. (2016). Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Raudah, Vol. 4 No.2 Tahun 2016.
Santrock. J. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Setiawan. (1995). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Indeks
Sit, Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana
Tirtayani, L.A., Asril., N.M., & Wirya, I. (2014). Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yusuf, Syamsu. (2016). Psikologi Perkambangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).