STRATEGI MANAJEMEN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK PADA SATUAN PAUD

  • Dahlia Patiung Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Besse Marjani Alwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Putri Magfira Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nur Alfiah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rizqia Salsabila Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Tuti Alawiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem managemen promosi yang ada di TK Amalia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian guru dan kepada sekolah, Data dikumpulkan menggunakan wawancara. TK Amalia merupakan salah satu lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Gowa berlokasi di BTN Tamarunang Indah 2. Lembaga PAUD ini belum memiliki media promosi yang memadai. Lembaga ini hanya menggunakan beberapa media promosi yang sesuai dengan instrumen manajemen promosi. Media promosi TK Amalia ditujukan untuk memperkenalkan lembaga PAUD ini kepada masyarakat di Kabupaten Gowa sebagai target untuk menambahkan minat para calon orang tua menyekolahkan anaknya di lembaga PAUD. TK Amalia membutuhkan media yang memadai, terutama media website, yang mampu mempresentasikan segala keunggulan TK Amalia, bukan  hanya untuk masyarakat Kabupaten Gowa namun masyarakat Indonesia yang ingin mengaksesnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahrurrozi, (2014). Efektivitas Strategi Product, Promotion, Price dalam Meningkatkan Image Sekolah dan Loyalitas Orang Tua Siswa PAUD (Studi Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Islam Kota Semarang. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3941. (diakses tanggal 19 November 2019).

Nirwana, Aditya. (2012). “Perancangan Situs Jaringan dan Media Promosi TK Al-Azhar Kids World Malang. JITIKA: Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi Asia. Vol. 6, No. 1.

M. Yusuf T., dkk. (2018). “Manajemen Kurikulum pada Taman Kanak-Kanak Aulia Samata”, Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education. Vol. 1, No. 1.

Sakeon, Trivena & Jantje Uhing. (2016). “Evaluasi Strategi Promosi dan Penjualan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT. Astragraphia,TBK Cabang Manado”. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi. Vol. 4, No. 2.

Suyadi. (2001). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Wibisono, Guntur & Wahyu Eko Susanto. 2015. “Perancangan Website sebagai Informasi dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo”. Evolusi: Jurnal Sains dan Manajemen, Vol. 3 No. 2.

Mubaridah, Laeli. (2016), “Managemen Pemasaran Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini”. Tesis. Universitas Negeri Semarang.

Published
2019-12-30
How to Cite
Patiung, D., Alwi, B. M., Magfira, P., Alfiah, N., Salsabila, R., & Alawiyah, T. (2019). STRATEGI MANAJEMEN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK PADA SATUAN PAUD. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 129-134. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i2.11660
Section
Artikel
Abstract viewed = 1423 times