MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA JENEPONTO

  • Ahmad Afiif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hijriah Hijriah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Nur Adila Amran fakultas tarbiyah dan keguruan uin alauddin makassar
    (ID)
  • Afika Sahwa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Zaenab Awwahah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitri Annisa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelakasaan atau penerapan, dan pengembangan kurikulum kependidikan di TK Negeri Pembina Jeneponto. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data di lakukan melalaui wawancara  angket dan peninjauan langsung. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kurikulum yang di terapkan di TK Negeri Pembina sesuai dengan karakteristik, potensi dan kondisi peserta didik; 2) Pembelajaran yang diajarkan di TK Negeri Pembina sesuai dengan kurikulum; 3) peserta didik sangat menyukai pembelajaran eksperimen dan pengembangan agama; dan 4) TK Negeri Pembina mengembangkan permainan tradisional dalam kurikulum yang diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, Syamsul, (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Future, 11 (1): 15-34.

Abdollellah. (2017) Mewujudkan Guru dan Tenaga Kependidikan Paud dan Dikmas Yang Mulia, Profesional,dan Sejahtera Untuk Membentuk Insan Indonesia Yang Berkarakter. Jurnal Ilmiah PGTK PAUD dan Dikmas, 12 (1): 1-8.

Hasyl, S.L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam perspektif Islam. Jurnal Lentera Kajian Keagamaan, Keilmuan, Dan Tekhnologi, 1 (2): 217-226.

Suyadi (2017). Manejemen PAUD TPA-KB/RA. Yogyakarta: Pustaka Publishing.

Saat, S. dan Mania, S (2018). Pengantar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Makassar: Sibuku.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwendra, I Wayan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam ilmu Social, Pendidikan, Kebudayaan, dan keagamaan. Bandung: Nilacakra Publishing House.

Suyadi. (2017). Manejemen Paud TPA-KB-TK/RA. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim penyusun KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesiae edisike-5. Jakarta:Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa,Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Latief, M., Zubaidah, R., Zulkhairina dan Afandi, M., (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamia Group.

Ridho, R., Markhama, dan Darsinah. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di KB Cerdas Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, 16 (2): 58-69

Published
2019-12-30
How to Cite
Afiif, A., Hijriah, H., Amran, A. N. A., Sahwa, A., Awwahah, Z., & Annisa, F. (2019). MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA JENEPONTO. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 92-98. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i2.11576
Section
Artikel
Abstract viewed = 808 times