MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA JENEPONTO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelakasaan atau penerapan, dan pengembangan kurikulum kependidikan di TK Negeri Pembina Jeneponto. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data di lakukan melalaui wawancara angket dan peninjauan langsung. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kurikulum yang di terapkan di TK Negeri Pembina sesuai dengan karakteristik, potensi dan kondisi peserta didik; 2) Pembelajaran yang diajarkan di TK Negeri Pembina sesuai dengan kurikulum; 3) peserta didik sangat menyukai pembelajaran eksperimen dan pengembangan agama; dan 4) TK Negeri Pembina mengembangkan permainan tradisional dalam kurikulum yang diterapkan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Bahri, Syamsul, (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Future, 11 (1): 15-34.
Abdollellah. (2017) Mewujudkan Guru dan Tenaga Kependidikan Paud dan Dikmas Yang Mulia, Profesional,dan Sejahtera Untuk Membentuk Insan Indonesia Yang Berkarakter. Jurnal Ilmiah PGTK PAUD dan Dikmas, 12 (1): 1-8.
Hasyl, S.L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam perspektif Islam. Jurnal Lentera Kajian Keagamaan, Keilmuan, Dan Tekhnologi, 1 (2): 217-226.
Suyadi (2017). Manejemen PAUD TPA-KB/RA. Yogyakarta: Pustaka Publishing.
Saat, S. dan Mania, S (2018). Pengantar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Makassar: Sibuku.
Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwendra, I Wayan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam ilmu Social, Pendidikan, Kebudayaan, dan keagamaan. Bandung: Nilacakra Publishing House.
Suyadi. (2017). Manejemen Paud TPA-KB-TK/RA. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim penyusun KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesiae edisike-5. Jakarta:Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa,Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Latief, M., Zubaidah, R., Zulkhairina dan Afandi, M., (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamia Group.
Ridho, R., Markhama, dan Darsinah. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di KB Cerdas Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, 16 (2): 58-69
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).