Analisis Penggunaan Media Puzzle terhadap Perkembangan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini membahas penggunaan media puzzle dalam perkembangan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di TK Ceria Kasimpurang, Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi pengaruh media puzzle terhadap perkembangan berpikir logis anak di TK Ceria Kasimpurang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 2 guru kelas dan 12 peserta didik di TK Ceria Kasimpurang. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 12 anak peserta didik kelas B di TK Ceria Kasimpurang, tidak ada yang berada dalam kategori "belum berkembang" (BB). Sebanyak 7 anak berada dalam kategori "mulai berkembang" (MB), 3 anak berada dalam kategori "berkembang sesuai harapan" (BSH), dan 2 anak berada dalam kategori "berkembang sangat baik" (BSB) dalam perkembangan berpikir logis. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle di TK Ceria Kasimpurang masih belum optimal, dan sekolah berada dalam tahap "mulai berkembang" dalam hal ini. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya maksimalkan penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik, meningkatkan minat belajar, dan perhatian lebih lanjut terhadap perkembangan berpikir logis anak agar perkembangan kognitif lebih kompleks dengan pemahaman yang lebih baik dan komprehensif.
Downloads
References
Adelia, I., Musaddat, S., & Hasnawati. (2024). Pengaruh Media Puzzle terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas III SDN 3 Ampenan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 3058–3069.
Andriani, J., & Qalbi, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Ape Puzzle terhadap perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini: Studi Literatur. Research in Early Childhood Education and Parenting Journal, 2(1), 33–40. https://ejournal.upi.edu/index.php/RECEP%0APENGARUH
Aprilia, T., Yuliati, N., & Saputri, S. W. D. (2021). Analisis Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Autis Usia 5-6 Tahun. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research), 2(2), 37. https://doi.org/10.19184/jecer.v2i2.18867
Batarisaf, N. P. T., Amal, A., & Herman, H. (2024). Pengaruh Memory Game Menggunakan Geometrik Shapes terhadap Kemampuan Berpikir Logis pada Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Education Research, 5(3), 2810–2818. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1285
Cemerlang, D. A. H., & Nurdyansyah. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Puzzle Berbasis Make A Match untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(1).
Chandra, R. D. A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 4-5 tahun Di TK Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 Ratnasari. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(1), 32–45.
Fitri, A., Nurhafizah, & Yaswinda. (2020). Pengaruh Media Puzzle Angka Modifikasi terhadap Kemampuan Berhitung Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 7–13.
Harmonis, M. (2022). Penerapan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna. MASALIQ: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(6), 776–785.
Ismawaty, Q. (2023). Analisis Capaian Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini di TKIT Nurul Falah Kota Batam. Jurnal Miftahul Ulum, 1(1), 1–10. https://journal.staimutanjungpinang.ac.id/index.php/junamu/article/view/53
Ma’arif, N. N., & Ummah, F. M. (2023). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini: Studi Pengembangan Media Permainan Snakes and Ladders Di Tk Oxford Puri School Pps Manyar Gresik. Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(1), 129–142.
Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Al-Gufrah: Journal of Primary Education, 2(2), 45–55.
Nisa, N. I., Musa, S., & Sutarjo, S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jendela PLS, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.8001
Permata, R. D. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.29407/pn.v5i2.14230
Purnamasari, N. I., & Yusma, N. A. (2021). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Anak melalui Kegiatan Bermain Warna. Journal of Early Childhood Education Studies 1, 1(2), 37–70. http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/joeces/article/view/3415/2417
Ristyadewi, F., & Fitria, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Game Powerpoint. Jurnal AUDHI, 5(2), 82–95. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12
Rosyanafi, R. J. (2018). Pengaruh Media Jigsaw Puzzle Terhadap Minat Belajar Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 1(1). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v1i1.5016
Surtika, T., Sumardi, S., & Yasbiati, Y. (2020). Pengaruh Media Puzzle Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 101–111.
Veronika, K., Prima, E., & Suryaningsih, N. M. A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1). https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PSNIP/article/download/720/744
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).