STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN YANG RAMAH ANAK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajemen tenaga pendidik dan kependidikan di PAUD Ceria Makassar. Subjek penelitian adalah Penyelenggara sekolah, Kepala Sekolah dan guru PAUD Ceria. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru melakukan pengamatan terhadap tumbuh kembang anak secara bertahap; 2) Guru melakukan konsultasi dengan kepala sekolah terhadap permasalahan yang dihadapi anak di dalam kelas; 3) Memberikan perhatian dalam bentuk kasih sayang kepada anak didik; 4) Guru mengenali kepribadian anak dengan baik; 5) Guru memberi kesempatan kepada anak untuk bermain; 6) Memiliki kepribadian yang ceria; 7) Guru memiliki kemampuan berinteraksi dengan baik terhadap orang lain termasuk peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Afif, Ahmad., Hardianti., Fitri, Febrianti., Nabila., & Asmidar. (2019). Manajemen Tenaga Kependidikan Paud di RA AL-Ikhlas Binaan Darma Wanita Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sulawesi-Selatan. Jurnal Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2 (1): 1-9.
Abdoellah. (2017). Mewujudkan Guru dan Tenaga Kependidikan Paud dan Dikmas Yang Mulia, Profesional, dan Sejahtera Untuk Membentuk Insan Indonesia Yang Bekarakter. Jurnal Ilmiah PGTK PAUD dan Dikmas, 12 (1): 1-7.
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Ed. 2. Depok: Rajawali Pers.
Astuti & Efi. (2019). Prinsip Manajemen Tenaga Kependidikan Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Iqra: Kajian Ilmu Pendidikan, 4 (1): 129-144.
Sriwahyuni., Kristiawan., & Wachidi. (2019). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 4 (1): 21-33.
Riza & Eva. (2014). Evektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (1): 90-100.
Suarga. (2019). Tugas dan fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Idaarah, 3 (1): 164-173.
Mukhlisoh. (2018). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh. Jurnal Pendidikan, 6 (2): 233-248.
Widowati & Ulfa. (2018). Pengelolaan Program Sekolah Ramah Anak Di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Hanata widya, 7 (6): 82-95.
Senowarisito & Ulumuddin. (2012). Implementsi Pendidikan Ramah Anak Dalam Konteks Membangun Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Di Kota Semarang, 6 (1): 1-15.
Yulianto & Agus. (2016). Pendidikan Ramah Anak. Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta, 1 (2): 137-156.
Wuryandani., Wuri., Fathurrohman., Senen Anwar., & Haryani. (2018). Implementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15 (1): 86-94.
Murni. (2017). Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 5 (2): 27-45.
Nugraha & Dadan. (2013). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Pengasuh PAUD di Kabupaten Ciamis. Ciamis: Universitas Pendidikan Indonesia Jurnal PAUD Agapedia, 1 (2):160-169.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).