STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN YANG RAMAH ANAK

  • M. Yusuf T. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Azizah Aliyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Umaemah Marsuki AR. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Marissa Julianti SP. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Neri Nanda Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurhikma Aras Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurul Fatimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajemen tenaga pendidik dan kependidikan di PAUD Ceria Makassar. Subjek penelitian adalah Penyelenggara sekolah, Kepala Sekolah dan guru PAUD Ceria. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru melakukan pengamatan terhadap tumbuh kembang anak secara bertahap; 2) Guru melakukan konsultasi dengan kepala sekolah terhadap permasalahan yang dihadapi anak di dalam kelas; 3) Memberikan perhatian dalam bentuk kasih sayang kepada anak didik; 4) Guru mengenali kepribadian anak dengan baik; 5) Guru memberi kesempatan kepada anak untuk bermain; 6) Memiliki kepribadian yang ceria; 7) Guru memiliki kemampuan berinteraksi dengan baik terhadap orang lain termasuk peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afif, Ahmad., Hardianti., Fitri, Febrianti., Nabila., & Asmidar. (2019). Manajemen Tenaga Kependidikan Paud di RA AL-Ikhlas Binaan Darma Wanita Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sulawesi-Selatan. Jurnal Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2 (1): 1-9.

Abdoellah. (2017). Mewujudkan Guru dan Tenaga Kependidikan Paud dan Dikmas Yang Mulia, Profesional, dan Sejahtera Untuk Membentuk Insan Indonesia Yang Bekarakter. Jurnal Ilmiah PGTK PAUD dan Dikmas, 12 (1): 1-7.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Ed. 2. Depok: Rajawali Pers.

Astuti & Efi. (2019). Prinsip Manajemen Tenaga Kependidikan Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Iqra: Kajian Ilmu Pendidikan, 4 (1): 129-144.

Sriwahyuni., Kristiawan., & Wachidi. (2019). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 4 (1): 21-33.

Riza & Eva. (2014). Evektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (1): 90-100.

Suarga. (2019). Tugas dan fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Idaarah, 3 (1): 164-173.

Mukhlisoh. (2018). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh. Jurnal Pendidikan, 6 (2): 233-248.

Widowati & Ulfa. (2018). Pengelolaan Program Sekolah Ramah Anak Di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Hanata widya, 7 (6): 82-95.

Senowarisito & Ulumuddin. (2012). Implementsi Pendidikan Ramah Anak Dalam Konteks Membangun Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Di Kota Semarang, 6 (1): 1-15.

Yulianto & Agus. (2016). Pendidikan Ramah Anak. Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta, 1 (2): 137-156.

Wuryandani., Wuri., Fathurrohman., Senen Anwar., & Haryani. (2018). Implementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15 (1): 86-94.

Murni. (2017). Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 5 (2): 27-45.

Nugraha & Dadan. (2013). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Pengasuh PAUD di Kabupaten Ciamis. Ciamis: Universitas Pendidikan Indonesia Jurnal PAUD Agapedia, 1 (2):160-169.

Diterbitkan
2019-12-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 780 times