PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG URGENSI KEGIATAN PENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN PADA DESA BARANG MAMASE KECAMATAN GALESONG SELATAN KABUPATEN TAKALAR

  • Zulhas`ari Mustafa UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pengabdian masyarakat merupakan suatu bentuk tri dharma perguruan tinggi kepada masyarakat, yang merupakan salah satu cara mengaplikasikan apa yang sudah diajarkan selama di dalam perkuliahan yang dilaksanakan oleh dosen dan dikembangkan oleh fakultas dan jurusan sebagai salah satu bagian dari program pendidikan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar secara keseluruhan. Pengabdian masyarakat dapat dikatakan sebagai suatu wadah yang tidak mengutamakan teori lagi, akan tetapi lebih mengutamakan praktik dalam mengatasi problematika di masyarakat.

Pengabdian masyarakat juga adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada para dosen untuk berkomunikasi di tengah-tengah masyarakat di luar kampus, dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi. Pengabdian masyarakat dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upayanya meningkatkan isi dan bobot pendidikan, dan untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Barang Mamase Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar  dalam bidang pendidikan dan keagamaan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode intervensi sosial yakni cara atau strategi memberikan bantuan kepada masyarakat (individu, kelompok, komunitas). Intervensi sosial merupakan metode yang digunakan dalam praktik di lapangan pada bidang pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial. Pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial adalah dua bidang yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan melalui upaya memfungsikan kembali fungsi sosialnya

References

QS Ali Imran (3); 104,110.

Community Development Review, The Community Development Guidelines of The International Cooperation Administration, 1996.

Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003.

Ife, Jim dan Frank Tesoriero, Community Development terj. Sastrawan Manulang, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Kunyati, Siti Anah dan Reviandari Widyatiningtyas, “Penguatan Kemampuan Belajar Berbasis Mesjid”, JPKM 10, no. 1, 2020.

Soehadha, Muhammad “Pemberdayaan masyarakat berbasis agama; model pengabdian masyarakat oleh dosen dan peran pusat pengabdian kepada masyarakat uin Sunan kalijaga”, Jurnal Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Kalijaga 12, no. 1, 2016.

Soetomo, Pemberdayaan Masyarakat Mungkinkah Muncul Antitesisnya.. Yogyakarta; Penerbit Pustaka Pelajar, 2013.

Thoha. Chabib. Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,1996.

Published
2022-06-08
Abstract viewed = 542 times