PENINGKATAN KEGIATAN PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN PEMBANGUNAN SOSIAL PADA KELURAHAN BONTOKADATTO KECAMATAN POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR

  • Hamriani Hamriani UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pengabdian Masyarakat merupakan suatu bentuk kegiatan tri dharma perguruan tinggi kepada masyarakat oleh dosen dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung selama 45 hari dan bertempat di daerah setingkat kelurahan/desa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.Pengabdian ini dilaksanakan di Kelurahan Bontokadatto Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar.

 Pengabdian ini dilaksanakan dalam pendidikan, kesehatan dan pembangunan sosial, mengingat bahwa pada lokasi pengabdian tersebutkurang memiliki fasilitas pada bidang tersebut. Metode yang digunakan adalah metode intervensi sosial dalam melakukan pendekatan kepada warga masyarakat di Kelurahan Bontokadatto sebagai salah satu metode dalam mengatasi masalah sosial dan sumber daya manusia (SDM) di Kelurahan Bontokadatto. Melalui pendekatan inilah bisa diketahui kemampuan dan kebutuhan masyarakat di Kelurahan Bontokadatto.

References

QS Ali Imran (3); 104,110.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2003.

Community Development Review, The Community Development Guidelines of The International Cooperation Administration, 1996.

Ife, Jim dan Frank Tesoriero, Community Development terj. Sastrawan Manulang, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

N. Z., saad, m. F. M., Abidin & ahmad, m. N. Tahap pengetahuan pelajar di Madrasah al-musthafawiyah littahfizil Quran bangi terhadap tadabbur alquran. Al-turath Journal of alquran And Al-sunnah, 2. no.1, 2017.

Kunyati, Siti Anah dan Reviandari Widyatiningtyas, “Penguatan Kemampuan Belajar Berbasis Mesjid”, JPKM 10, no. 1, 2020.

Rahman. Ali. Pengertian Kurikulum or Materi dalam Pendidikan, 2011.

Soehadha, Muhammad “Pemberdayaan masyarakat berbasis agama; model pengabdian masyarakat oleh dosen dan peran pusat pengabdian kepada masyarakat uin Sunan kalijaga”, Jurnal Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Kalijaga 12, no. 1, 2016.

Published
2022-06-08
Abstract viewed = 86 times