PENGARUH KAWASAN PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP LALU LINTAS KOTA BANDAR LAMPUNG

  • Muhammad Zainal Ibad Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera
  • Arci Tamara Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kawasan pendidikan tinggi di Kota Bandar Lampung terhadap lalu lintas di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam. Pengaruh yang dimaksud adalah kontribusi perguruan tinggi terhadap lalu lintas dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemacetan di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis tingkat pelayanan jalan dan analisis deskriptif. Faktor-faktor kemacetan diambil dari studi terdahulu yaitu angkutan berhenti sembarangan, volume kendaraan yang besar, persimpangan, dan simpangan prioritas. Penelitian ini menghasilkan kontribusi pergerakan perguruan tinggi sebesar 9,81%, lalu lintas Jalan Zainal Abidin Pagar Alam bernilai E, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemacetan adalah volume kendaraan yang besar dan simpangan prioritas. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan, kontribusi kawasan pendidikan tinggi tidak berperan besar, dan yang menyebabkan kemacetan di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam adalah volume kendaraan yang besar dan simpangan prioritas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Zainal Ibad, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera
Perencanaan Wilayah dan Kota

References

Badan Pusat Statistik Kota Bandar Lampung, Bandar Lampung Dalam Angka 2017. Bandar Lampung: Badan Pusat Statistik, 2018.

Badan Pusat Statistik Kota Bandar Lampung, Bandar Lampung Dalam Angka 2018. Bandar Lampung: Badan Pusat Statistik, 2018.

Pemerintah Provinsi Lampung, Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Lampung 2011 – 2030. Bandar Lampung: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, 2010.

Kusbiantoro, B. (2017). Manajemen Perkotaan Indonesia. Journal Of Regional And City Planning, 4(9a), 3-10.

O.Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua. Bandung: Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung, 2000.

Mochammad Virsa Aditiawan, ”Pengaruh Perubahan Penggunaan Lahan Terhadap Bangkitan Lalu Lintas Pada Koridor Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Di Kota Bandar Lampung”, Tesis, Fakultas Teknik. UNILA. Bandar Lampung, 2016.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: Km 14 Tahun 2006 Tentang Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Di Jalan, Jakarta, 2006.

Republik Indonesia, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Jakarta, 2015.

Republik Indonesia, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: Km 14 Tahun 2006 Tentang Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Di Jalan, Jakarta, 2006.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta, 2009.

Direktorat Jenderal Bina Marga, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Departemen Pekerjaan Umum, 1997.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta, 2007.

Faizal Marwan, “Analisis Dampak Kemacetan Lalu Lintas Dengan Pendekatan Willingness To Accept (Studi Kasus: Kecamatan Bogor Barat)”, Tesis, Fakultas Ekonomi san Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2011.

Aloisius De Rozari & Yudi Hari Wibowo, “Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Kemacetan Lalu Lintas Di Jalan Utama Kota Surabaya”, Tesis Universitas Tujuh Belas Agustus, Surabaya, 2014.

Aries Setijadji, “Studi Kemacetan Lalu Lintas Jalan Kaligawe Kota Semarang”, Tesis Magister Teknik Pembangunan Kota, Universitas Diponegoro, Semarang, 2006.

Sumadi, “Kemacetan Lalulintas Pada Ruas Jalan Veteran Kota Brebes”, Tesis Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro. Semarang, 2006.

UNILA, UNILA Dalam Angka. Bandar Lampung: UNILA, 2018.

Published
2020-04-29
How to Cite
Ibad, M. Z., & Tamara, A. (2020). PENGARUH KAWASAN PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP LALU LINTAS KOTA BANDAR LAMPUNG. Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 9(1), 56-63. https://doi.org/10.24252/jpm.v9i1.10464
Section
ARTICLES
Abstract viewed = 538 times