PRIORITAS PENGEMBANGAN KAWASAN TRANSIT STASIUN KERTAPATI PALEMBANG DENGAN KONSEP TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD)

  • Shahnaz Nabila Fuady Institut Teknologi Sumatera
    (ID)
  • Siti Rahma Program Studi Teknik Sipil, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera

Abstract

Stasiun Kertapati merupakan stasiun utama dan terbesar di Kota Palembang maupun Sumatera Selatan, yang melayani perjalanan kereta jarak jauh di pulau Jawa dan kereta komuter Palembang-Inderalaya. Kawasan di sekitar titik transit tersebut menjadi kawasan potensial dalam hal kegiatan ekonomi, yang direncanakan menjadi kawasan kegiatan yang heterogen, khususnya untuk kegiatan perkantoran dan komersial. Kawasan di sekitar titik transit Stasiun Kertapati menjadi salah satu kawasan yang akan dikembangkan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD). Namun, penerapan konsep TOD di kawasan transit Stasiun Kertapati masih belum dapat segera terwujud, dikarenakan pola pembangunan di sekitar kawasan transit belum terintegrasi mengarah ke bentuk kawasan dengan konsep TOD. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun prioritas pengembangan di kawasan transit Stasiun Kertapati dengan konsep TOD. Analisis yang digunakan mencakup analisis delphi, analisis kriteria dan analisis spatial query; dan metode analisis AHP. Hasil penelitian diperoleh konsep TOD di kawasan transit Stasiun Kertapati menujukkan terdapat dua belas variabel. Prioritas pengembangan antara lain penggunaan lahan perdagangan dan jasa, penggunaan lahan perkantoran, ketersediaan jalur pejalan kaki, penggunaan lahan fasilitas umum, konektivitas jalur pejalan kaki, ketersediaan fasilitas penyebrangan, koefisien lantai bangunan, dimensi jalur pejalan kaki, kepadatan bangunan; ketersediaan jalur sepeda, penggunaan lahan perumahan; dan koefisien dasar bangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Shahnaz Nabila Fuady, Institut Teknologi Sumatera
Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

References

O. Z. Tamin, Perencanaan dn Permodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB, 2000.

K. M. Isa, M. I., & Handayeni, “Keterkaitan Karakteristik Kawasan Transit berdasarkan Prinsip Transit Oriented Development (TOD) terhadap Tingkat Penggunaan Kereta Komuter Koridor Surabaya Sidoarjo,” J. Tek. POMITS, vol. 2, pp. 1–6, 203AD. Land Use Planning & Policy, Transit Oriented development policy Guidelines. Calgary, 2005.

R. Cervero, Transit Oriented Development in The United States: Experiences, Challenges, and Prospects. Washington DC: Transportation Research Board, 2004.

R. Watson, D., Plattus, A., & Shibley, Time Saver Standards for Urban Design. New York: McGrawHill, 2003.

Florida Department of Transportation, Florida TOD Guidebook. Florida, USA, 2012.

J. Renne, Transit Oriented Development. Routledge, 2009.

Institute for Transportation Development and Policy, TOD Standard. New York: Despacio, 2014.

Published
2020-04-29
How to Cite
Fuady, S. N., & Rahma, S. (2020). PRIORITAS PENGEMBANGAN KAWASAN TRANSIT STASIUN KERTAPATI PALEMBANG DENGAN KONSEP TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD). Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 9(1), 64-72. https://doi.org/10.24252/jpm.v9i1.13227
Section
ARTICLES
Abstract viewed = 440 times