PENGARUH ELEMEN BRANDING KOTA TERHADAP TINGKAT KEAMANAN DI BALIKPAPAN

  • Mega Ulimaz Institut Teknologi Kalimantan
    (ID)

Abstract

Perubahan struktur sosial ekonomi dari sektor primer migas menjadi sektor tersier menjadi tantangan besar di tengah kemerosotan pendapatan daerah di Kota Balikpapan. Di tengah proses transformasi tersebut, Kota Balikpapan juga berkomitmen mewujudkan Balikpapan Kota Cerdas (Smart City), di mana salah satu komponennya adalah branding kota. Perubahan transformasi ekonomi secara total akan berdampak pada perubahan kesejahteraan, peningkatan jumlah pengangguran, peningkatan angka kemiskinan, dan peningkatan kejadian kriminalitas sebagai tolak ukur tingkat keamanan. Sebelum melakukan upaya besar pengembangan teknologi untuk pengakuan Balikpapan smart city, perlu dilakukan permodelan tingkatan keamanan lingkungan permukiman berdasarkan salah satu komponen smart city, yaitu branding kota. Tujuan khusus penelitian ini adalah menghasilkan model pengaruh tingkatan kemanan lingkungan menuju kesiapan Balikpapan Smart City berdasarkan branding kota. Analisis yang digunakan adalah spatial multiple regression dengan aplikasi software GeoDa dan ArcGIS. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek branding kota memiliki pengaruh sebesar 53% pada tingkatan kejadian kriminalitas yang mempengaruhi tingkat keamanan di Kota Balikpapan. Variabel yang berpengaruh secara signifikan dan spasial adalah ketersediaan elemen citra kota, jumlah industri kreatif, dan jumlah fasilitas perekonomian perbankan. Semakin besar ketersediaan aspek branding kota tersebut dapat meningaktkan jumlah kejadian kriminalitas di Kota Balikpapan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mega Ulimaz, Institut Teknologi Kalimantan
Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota

References

Green, A. Grace, D, Perkins, H. 2016. City Branding Research and Practice: An Integrative Review. The Journal of Brand Management. Volume 23 (3): 252- 272

Manggol, Leonardus KH. 2012. Pola Spasial Kriminal Pencurian Berdasarkan Faktor Ekologi Kriminal di Kota Malang. Institut Teknologi Nasional Malang: Malang

Patabuga, R. et al. 2019. Pengembangan Smart Branding sebagai Langlah Awal Menuju Terwujudnya Smart City di Kota Tomohon. Jurnal Ekonomi Pembamgunan 5(2): 64-74

Pemerintah Kota Balikpapan. 2018. Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Balikpapan 2018-2038

Polres Kota Balikpapan. 2018. Laporan Gangguan Kamtibmas. Kota Balikpapan

Salamah U, dan Yananda, M. R. 2018. Contructing A Smart City Brand Identity: The Case of South Tangerang. Jurnal Komunikasi Indonesia VII(3): 269-277.

Tony D. Susanto. 2019. Smart City, Konsep, Model, dan Teknologi. Surabaya: Asosiasi Sistem Informasi Indonesia

Published
2021-10-18
How to Cite
Ulimaz, M. (2021). PENGARUH ELEMEN BRANDING KOTA TERHADAP TINGKAT KEAMANAN DI BALIKPAPAN. Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 10(2), 177-186. https://doi.org/10.24252/jpm.v10i2.15977
Section
ARTICLES
Abstract viewed = 284 times