ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMELIHARAAN DRAINASE DI KOTA MAKALE

  • Risnawati K Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar

Abstract

Penelitan ini tentang Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pemeliharaan Drainase di Kota Makale. Pokok permasalahannya adalah menganalisis Partisipasi Masyarakat Dalam Operasi dan Pemeliharaan Drainase di Kota Makale.  Masalah ini dilihat dengan kondisi drainase di Kota Makale yang belum menjadi salah satu perrhatian dalam pemeliharaan melalui partisipasi masayarakat. Maka, dengan demikian penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif Alat analisis ini digunakan untuk menganalisis kondisi fisik dasar dilokasi penelitian yakni analisa data yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi drainase atau sesuai data yang diperoleh yaitu mengklasifikasikan dan menyajikan data dalam bentuk tabel, penguraian dan gambar dan analisis kondisi drainase ini dilakukan untuk menentukan faktor – faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam operasi dan pemeliharaan drainase di Kota Makale.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisasmita, Rahardjo, (2007) Indikator Perkembangan Tata Ruang. Seruni Com : Makassar.

Ajeng Kusuma Dewi, Ary Setiawan, Agus P Saido. 2014. Evaluasi Sistem Saluran Drainase di Ruas Jalan Solo Sragen Kabupaten Karanganyar, Universitas Sebelas Maret. Maret 2014.

Amelia Hendratta, Liany. 2014. Optimalisasi Sistem Jaringan Drainase Jalan Raya Sebagai Alternatif Penanganan Masalah Genangan Air. Universitas Sam Ratulangi. Desember 2014.

Muhammad Hamzah, S., Djoko, S., Wahyudi, W.P., Budi, S. 2008. Permodelan Perembesan Air Dalam Tanah. Bandung. 2008

Putra, Prayogi dan Marisa. 2007. Evaluasi Permasalahan Sistem Drainasse Kawasan Jeruk Purut, Kecamatan Pasar Minggu. Program Studi Teknik Lingkungan, Program Studi Teknik Sipil dan Lingkungan. ITB. Bandung

Siti Qomariyah, Agus P. Saido, Beni Dhianarto. 2007. Kajian Genangan Banjir Saluran Drainase dengan Bantuan Sistim Informasi Geografi (Studi Kasus: Kali Jenes, Surakarta), Universitas Sebelas Maret. Januari 2007.

Suripin. 2003. Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan, Yogyakarta: Andi

Published
2021-04-17
How to Cite
K, R. (2021). ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMELIHARAAN DRAINASE DI KOTA MAKALE. Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 10(1), 90-98. https://doi.org/10.24252/jpm.v10i1.21524
Section
ARTICLES
Abstract viewed = 415 times