STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN MINAPOLITAN DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE DALAM KONSEP PENGEMBANGAN WILAYAH

  • Fatmawaty D Fakultas Pertanian dan Kehutanan, Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Ikawati Ikawati Fakultas Pertanian dan Kehutanan, Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Erwin Amri PPW Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin
    (ID)

Abstract

Kawasan minapolitan merupakan kawasan yang dibangun atau dikembangkan dengan konsep yang difokuskan kepada kemajuan sektor perikanan dengan mengedepankan prinsip efisiensi, kualitas, percepatan dan berkesinambungan. Konsep dasar pengembangan Kawasan Minapolitan adalah upaya menciptakan pembangunan interregional berimbang, khususnya dengan meningkatkan keterkaitan pembangunan kota-desa (rural-urban linkage) yaitu pengembangan kawasan pedesaan yang terintegrasi di dalam sistem perkotaan secara fungsional dan spasial. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene dengan luas wilayah 7.019 hektar. Tahapan analisis yang dilakukan pada penelitian ini yaitu: (1) Analisis pengembangan wilayah berbasis perikanan; (2) Analisis pengembangan komoditas unggulan; dan (3) Penentuan strategi pengembangan wilayah untuk kawasan minapolitan. Berkembangnya kawasan minapolitan sangat ditentukan oleh pengembangan komoditas unggulan di setiap kawasan Minapolitan. Penetapan komoditas unggulan sangat bermanfaat dalam menentukan prioritas pengembangan disuatu wilayah yang harus disusun secara terstruktur dalam sistem perencanaan yang jelas. Agar pengembangan ini tepat sasaran maka perlu arahan strategi dalam pengembangan komoditas unggulan diantaranya meningkatkan koordinasi lintas sektor, peningkatan sosialisasi dan promosi, peningkatan SDM dan kelembagaan, Teknologi Tepat Guna serta terbangunnya fasilitas fisik minapolitan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Kelautan dan Perikanan, 2009. Kelautan dan Perikanan dalam Angka 2009. Jakarta: Departemen Kelautan dan Perikanan.

International Labour Organization, 2009. Global Employment Trends. France: International Labour Office.

Naya, D.A.B., Wijayanto, D & Sardiyatmo, 2017. Analisis Komoditas Unggulan Perikanan Tangkap di Provinsi Jawa Tengah. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 6 (3), 37-46.

Stringer, R. 2009. Value Chain Analysis. Workshop Value Chain Analysis. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Barat. 21-33.

Susanto, W, 2014. Kajian Komoditas Unggulan, ANdalan dan Potensial di Kabupaten Grobogan. Journal of Rural and Development, V (1), 63-80.

Published
2018-06-02
How to Cite
D, F., Ikawati, I., & Amri, E. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN MINAPOLITAN DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE DALAM KONSEP PENGEMBANGAN WILAYAH. Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 7(1), 37-45. https://doi.org/10.24252/jpm.v7i1.5012
Section
ARTICLES
Abstract viewed = 5089 times