Profil Hasil Belajar Mata Kuliah Laboratorium IPA Mahasiswa Program Studi PGSD di UN PGRI Kediri Beserta Kendala Pembelajarannya
Abstrak
Kegiatan pembelajaran Laboratorium IPA seluruhnya menggunakan metode percobaan hal ini sesuai dengan deskripsi matakuliah Laboratorium IPA yang membekali mahasiswa terampil menerapkan konsep dasar IPA melalui suatu kegiatan percobaan. Harapannya mahasiswa lebih memahami konsep dasar IPA dan mampu mengimplementasikan dalam praktik belajar mengajar. Data diperoleh dari hasil laporan kegiatan pembelajaran selama 1 semester. Penelitian awal ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa rata-rata sejumlah 82,47. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa dikategorikan cukup. Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh pengampu matakuliah ini diantaranya adalah kurang detailnya kriteria penilaian laporan kegiatan, petunjuk kegiatan yang masih belum mengarahkan mahasiswa ke arah penemuan, kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menghubungkan antara data yang diperoleh dalam kegiatan pembelajaran dengan sumber belajar.
Kata kunci: Laboratorium IPA, hasil belajar
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options: Creative Commons Attribution (CC BY)
Authors and readers can copy and redistribute the material in any medium or format, as well as remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially, but they must give appropriate credit (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Biogenesis: Jurnal Ilmiah Biologi as publisher of the journal.