PERAN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL DALAM PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DI BULUKUMBA
Abstrak
Pokok penelitian ini berfokus pada pemanfaatan zakat dalam bidang pendidikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Bulukumba dan kendala yang dihadapinya dalam proses pengelolaan dan penyaluran dana zakat di Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif dengan pendekatan yuridis empiris dan syar’i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran zakat dalam pembangunan dan pengembangan pendidikan di Bulukumba yang dikelola oleh BAZNAS Bulukumba sejauh ini dapat dilihat dari efektivitas program-program bidang pendidikan yang meliputi bantuan pendidikan penyelesaian studi, bantuan biaya semester untuk mahasiswa dhuafa dan berprestasi, pengadaan seragam dan alat tulis untuk siswa sekolah, pemberian paket tas cerdas untuk pelajar fakir miskin, bantuan guru mengaji tahfiz, bantuan renovasi dan pembangunan pesantren dan madrasah, bantuan renovasi masjid, dan lainnya. Dengan program bantuan tersebut, pembangunan bidang pendidikan di wilayah Kabupaten Bulukumba dapat berkembang serta menekan dan atau mengurangi anak-anak yang putus sekolah, terlantar, buta huruf dan tidak memiliki pendidikan formal.
Referensi
Al-Quran dan Terjemahan
Aibak, Kutbuddin. Kajian Fiqh Kontemporer. Yogyakarta: Kalimedia, 2017), h. 157.
Amalia, Euis. Keadilan Distributif dalam Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2009.
Mannan, M.A. Islamic Economics: Theory and Practice. Delhi: Idarah-i Adabiyat-i, 1970.
Qardhawi, Yusuf. Fiqih Zakat. Jakarta: Gema Insani Press, 2011.
Qardhawi, Yusuf. Hukum Zakat. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa, 1996.
Sudirman, Abbas. Zakat Ketentuan dan Pengelolaannya. Bogor: CV Anugrah Berkah Sentosa, 2017.
Anis, Muhammad. “Zakat Solusi Pemberdayaan Masyarakat” El-Istiqshady 2, no. 1 (Juni 2020): 5. https://doi.org/10.24252/el-iqthisadi.v2i1.14074.
Hakim, Arif, dan Baisa, “Peran Zakat Dalam Perkembangan Pembangunan Pendidikan di Kota Bogor (Studi Kasus Pendayagunaan Zakat Bidang Pendidikan Dompet Peduli Ummat Cabang Bogor” Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam 5, no. 2 (September 2014): 245. https://doi.org/10.32507/ajei.v5i2.323.
Kurniati, Alimuddin, Muammar Bakry “Potensi Zakat Pertanian di Desa Bissoloro Kecamatan Bungayya Kabupaten Gowa” Iqtishaduna 3, no. 1 (September 2021): 76. https://doi.org/10.24252/iqtishaduna. v3i2.21793.
Safriani, Andi. “Tanggung Jawab Negara Terhadap Pengelolaan Zakat Menurut UU No. 23 Tahun 2011 Tentang Zakat” Jurisprudentie 3, no. 2 (2016): 1-12. https://doi.org/10.24252/jurisprudentie.v3i2.2586.
Sakinah, Nur dan Husni Thamrin, “Pengelolaan Zakat Untuk Pembiayaan Pendidikan Anak Dhuafa” Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, no.1 (2021): 13-25. https://doi.org/10.25299/jtb.2021. vol4(1).6030.
Tho’in, Muhammad. “Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat” Al-Amwal 9, no. 2 (Oktober 2017): 145. http://dx.doi.org/10.24235/amwal.v9i2.1794.
Novianti, Nella. Mahasiswi Penerima Bantuan Pendidikan BAZNAS Bulukumba, Wawancara, Gowa 10 September 2022.
Paisal, Ilham. Staf Pendyagunaan Bidang Pendidikan BAZNAS Bulukumba, Wawancara, Bulukumba 26 Agustus 2022.
Yusuf, Muhammad. Wakil Ketua II BAZNAS Bulukumba, Wawancara, Bulukumba 3 Agustus 2022.
Laporan Tahunan BAZNAS Bulukumba
Undang-Undang No.23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat