ISLAM DI SPANYOL DAN SISILIA

  • muh. Dahlan

Abstract

masuknya Islam di Spanyol tidak lepas dari keberhasilan Thariq ibn Ziyad mengalahkan raja Roderick, sehingga kemenangan ini menjadi modal utama bagi Thariq ibn Ziyad dan pasukannya untuk menaklukkan kota-kota penting yang ada di Spanyol. Spanyol merupakan tempat yang paling utama bagi Eropa dalam penyerapan ilmu pengetahuan yang dikembangkan umat Islam di sana serta peradabannya, baik dalam hubungan politik, sosial,  maupun ekonomi dam peradaban antar Negara. Adapun kemajuan intelektual yang di dalamnya terdapat ilmu filsafat, sains, fikih, musik dan kesenian, begitu juga dengan bahasa dan sastra, dan kemegahan pembangunan fisik. kemunduran Islam di Spanyol terbagi menjadi dua yaitu: Faktor internal dan Faktor Eksternal. Islam di Sisilia, penguasaan pulau ini berpindah-pindah dalam beberapa abad mulai dari Yunani, Cartage, Romawi, Vandals, dan Byzantium, barulah kemudian dikuasai oleh kaum Muslimin. Kemajuan dunia barat (Eropa) tidak terlepas dari peranan pulau Sisilia, yang merupakan sarana yang paling penting dalam mentransfer khazanah ilmu pengetahuan dan kehidupan spritual umat Islam.  

References

Ali, A. Mukti, Sejarah Islam Pramodern, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1995. Amin, M. Mansyur, Sejarah peradaban Islam, Bandung: Indonesia Spirit Foundation, 2004 Anbari, Hasan Muarif. Ensiklopedia Islam. Jakarta: PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1994.

Asmuni, Zainuddin Asmuni. Muslim Education Thought in the Middle Age, Terj. Abuddin Nata, (Bandung: Angkasa, 2000. Asmuni,Yusran. Dirasah Islamiyah III, Pengantar Studi Sejarah kebudayaan Islam dan Pemikiran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.

Fakhri, Majid, Sejarah Filsafat Islam, Jakarta: Pustaka Jaya, 1986. H. Hart, Michael. The 100 a Ranking of Most Influencing power in History, Terj. Makbuk Djunaedi , Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah . Pustaka Jaya: Jakarta, 1991.

Hamka, Sejarah Umat Islam, Jakarta, Penerbit Bulan Bintang, 1981 Hilman , Jahdan. Sejarah dan Kebudayaan Islam . Yogyakarta: Kota Kembang, 1989. Hittin, Philip K., History of The Arabs, Diterjemahkan oleh R. Cecep Lukman Yasin, Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2008 Lewis, Bernard. The Arabs in History, Terj. Said Jamhensi, Bangsa Arab dalam Lintasan Sejarah. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1988.

Nasution, Harun, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspek, Jakarta: UI Press, 1985. Poeradisastra, S.I. Sumbangan Islam kepada Ilmu dan Peradaban Modern . Jakarta: P3M, 1986. Sou’yb, Joesoef, Sejarah Daulat Umayyah di Cordova, Jakarta, Penerbit Bulan Bintang, tth. Sunanto, Musyrifah. Sejarah Islam Klasik: Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007. Syah Nasution, Hasyim. Filsafat Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999. Syalabi, Ahmad, Sejarah kebudayaan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1983.

Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah. Ensiklopedi Islam Indonesia . Jakarta

Published
2016-06-01
How to Cite
Dahlan, muh. (2016). ISLAM DI SPANYOL DAN SISILIA. Rihlah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan, 4(1). https://doi.org/10.24252/rihlah.v4i1.2580
Section
volume 4 no. 1 (2016)
Abstract viewed = 4913 times