Kontribusi Peradaban Islam terhadap Peradaban Barat; suatu Tinjauan Historis

  • Muhammad Dahlan
    (ID)

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengungkapkan kontribusi peradaban Islam terhadap peradaban barat dengan pembahasan meliputi: (1) proses peradaban Islam masuk ke dunia Barat (2) pengaruh peradaban Islam terhadap dunia Barat.

Hasil kajian ini terungkap bahwa peradaban Islam masuk di Eropa dengan empat cara yaitu saluran peradaban Islam yang mempengaruhi Eropa melalui Spanyol, Sisilia, perang Salib maupun pertukaran perniagaan, akan tetapi saluran yang terpenting dalam hal ini adalah Spanyol Islam. Spanyol merupakan tempat yang paling utama bagi Barat menyerap peradaban Islam, baik dalam hubungan politik, sosial, ekonomi maupun peradaban antar negara. Bahwa suatu kenyataan sejarah Spanyol selama tujuh abad lebih berada dalam kekuasaan Islam.

Peradaban Barat dibangun dari rahim fase sejarah Islam menduduki Spanyol. Secara sosial politik, Islam dalam posisi yang sangat kuat untuk melakukan ekspansi dan secara peradaban dalam Puncak keemasaannya. Proses ekspansi ini diikuti dengan transfer of sciense dari kaum muslimin ke penduduk Spanyol saat itu. Kebudayaan terbuka dan dermawan ilmu yang dibangun oleh kaum Muslimin saat itu, menjadikan setiap kelompok, daerah, atau suku bangsa sangat terbuka lebar menimba ilmu pengetahuan dari kaum Muslimin di Spanyol, termasuk banyak orang-orang Eropa yang menimba ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang dari Muslim Spanyol, baik ilmu-ilmu ‘aqli maupun ilmu naqli. Ketika mereka sudah kembali ke daerah masing-masing banyak yang mengembangkan ilmu pengetahuan tersebut di daratan Eropa.

References

Azyumardi (ed.), Historiografi Islam Kontemporer: Wacana Aktualitas dan Aktor Sejarah. Jakarta: Gramedia, 2002.

Abd al-Mun‘im Majid, Tarikh al-Hadarah al-Islamiyah fi al-‘Usur al-Wusta. Cairo: Maktabah Misriyah,1978.

Abu Ja‘far Muhammad bin Jarir al-Tabariy, Tarikh al-Umam wa al-Muluk, Juz. IV. Cet. I; Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1407 H.

Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: PT. Gravindo Persada, 2003.

Harun Hadiwyono, Sari Sejarah Filsafat Barat II. Cet. VI; Yogyakarta: Kanisius, 1990.

Harun Nasution, Pembaharuan Dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Cet. IX; Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Karen Armstrong, Berperang demi Tuhan; Fundamentalisme dalam Islam, Kristen dan Yahudi. Cet. III; Jakarta: Mizan, 2002 M.

Hassan Ibrahim Hassan, Sejarah dan Kebudayaan Islam. Cet I; Yogyakarta: Kota Kembang, 1989.

Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT), Ensiklopedi Mini Sejarah dan Kebudayaan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1996.

Mustafa al-Siba‘i, Peradaban Islam Dulu, Kini dan Esok. Jakarta: Gema Insani Press, 1993.

Nurkidam Pengaruh Peradaban Islam di Dunia Barat, http://annur01.wordpress.com (21 Maret 2016).

Philip K. Hitti, Histrory of the Arabs. Cet. I; Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 1429 H./2008 M.

Philip K. Hitti, Histrory of the Arabs. Cet. I; Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 2010.

Rifqi Fauzi, Renaissance Eropa dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Pemikiran Islam, 07 September 2012, http://fauzidex.multiply.com (21 Maret 2018).

Sunaryo, Transmisi Kebudayaan Yunani Dalam Peradaban Islam, Jurnal Pemikiran Islam Vol.1, No.3, September 2003, International Institute of Islamic Thought Indonesia.

Tim Penyusun.Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian. Makassar: UIN Alauddin Press, 2013.

W. Montgemary Watt, Islam dan Peradaban Dunia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 1997.

Published
2018-07-26
How to Cite
Dahlan, M. (2018). Kontribusi Peradaban Islam terhadap Peradaban Barat; suatu Tinjauan Historis. Rihlah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.24252/rihlah.v6i1.5453
Abstract viewed = 28734 times