Pendidikan Islam Masa Kerajaan Islam di Nusantara

  • Susmihara Mihara
    (ID)

Abstract

Pada permulaan abad ke -17 Islam telah merata di hampir seluruh wilayah nusantara dan munculnya kerajaan-kerajaan Islam nusantara, kerajaan-kerajan tersebut adalah Perlak, Samudra Pasai, Aceh Darussalam di Sumatera, Demak, Pajang, Mataram, Cirebon dan Banten di Jawa, Banjar dan Kutai di Kalimantan, Gowa, Tallo dan Bone di Sulawesi, Ternate dan Tidore di Maluku serta masih banyak lagi kerajaan Islam di nusantara yang belum sempat penulis bahas. Proses pendidikan Islam di kerajan-kerajaan Islam nusantara mendapat perhatian yang besar dari para raja atau sultan yang memerintah kerajaan-kerajaan Islam tersebut. Hal ini dibuktikan dengan munculnya lembaga-lembaga pendidikan Islam serta temapt-tempat ibadah yang membawa pengaruh positif terhadap kemajuan pendidikan masyarakat Islam.

References

Ambary, Hasan Muarif. Menemukan Peradaban Jejak Arkeologis dan Historis Islam Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.

Arsyad, Azhar, et al., eds. Ke-DDI-an, Sejarah dan Pandangan atas Isu-Isu Kontemporer, Yogyakarta: LKiS, 2003.

Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII. Cet. IV, Bandung: Mizan, 1998.

Daulay, Haidar Putra. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2007.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. Ensiklopedi Islam 1. Cet. 9, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 2001.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. Ensiklopedi Islam 4. Cet. 11, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 2003.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. Ensiklopedi Islam 5. Cet. 9, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 2001.

Getteng, A. Rahman. Pendidikan Islam Dalam Pembangunan: moral, remaja, wanita, pembangunan. Ujung Pandang: Yayasan Al-Ahkam, 1997.

Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: RajaGrapindo Persada, 2001.

Hasymi, A. Kebudayaan Aceh Dalam Sejarah. Jakarta: Beuna, 1983.

Lapidus, Ira M. A History of Islamic Societies. Diterjemahkan oleh: Ghufran A. Mas’adi, Sejarah Sosial Ummat Islam, Bagian kesatu dan kedua. Jakarta: PT. RajaGrafindi Persada, 2003.

Supriyadi, Dedi. Sejarah Peradaban Islam. Cet. X, Bandung: Pustaka Setia, 2008.

Saridjo, Marwan. Pendidikan Islam Dari Masa ke Masa, Tinjauan Kebijakan Publik Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Yayasan Ngali Aksara dan Penamadani, 2010.

Sewang, Ahmad M. Islamisasi Kerajaan Gowa (Abad XVI Sampai Abad XVII). Cet. 2, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2003.

Wahid, N. Abbas dan Suratno. Khazanah Sejarah Kebudayaan Islam. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.

Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Sejarah Nusantara Pada Era Kerajaan Islam. http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Nusantara_pada_era_kerajaan Islam, (30 September 2011).

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Hidayakarya Agung, 1979.

Published
2018-07-26
How to Cite
Mihara, S. (2018). Pendidikan Islam Masa Kerajaan Islam di Nusantara. Rihlah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan, 6(1), 13-32. https://doi.org/10.24252/rihlah.v6i1.5454
Abstract viewed = 18690 times