Edukasi Kosmetik Sehat dan Halal Pada Anak Usia Sekolah
Abstract
Orang yang berada di kelompok usia remaja sudah sangat memperhatikan penampilan mereka. Banyaknya kosmetik yang beredar dipasaran, jika tidak diketahui kriterianya keamanannya dapat mengakibatkan iritasi pada kulit. Studi ini bertujuan untuk menilai pengetahuan dan kebiasaan siswa mengenai penggunaan kosmetik yang sehat dan halal melalui pemberian direct socialization. Studi ini dilakukan di Madrasah Aliah Negeri 2 Model dengan memperioritaskan kehadiran siswi kelas XII dan guru perempuan yaitu sebanyak 53 peserta. Kajian ini dibagi menjadi tiga tahapan. Pada tahapan pertama, para siswi menerima informasi umum tentang kegiatan dan daftar hadir. Tahap kedua peserta kemudian diukur tingkat pengetahuan dan perilaku melalui pengisian kuesioner. Pada tahapan ketiga, diadakan penyuluhan kesehatan dengan topik yang tercakup dalam pertanyaan angket. Para fasilitator mengevaluasi hasil kegiatan dengan pembagian post-test pada tahap akhir kegiatan ini. Studi ini menyimpulkan terdapat perubahan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan penggunaan kosmetik yang aman, sehat dan halal. Kegiatan ini secara tidak langsung memberikan pengetahuan tentang pencegahan timbulnya dermatitis kontak alergi banyak terjadi pada remaja, terutama pada wajah.
References
Giacomel, C. B., Dartora, G., Dienfethaeler, H. S., & Haas, S. E. (2013). Investigation on the use of expired make‐up and microbiological contamination of mascaras. International journal of cosmetic science, 35(4), 375-380.
Loniza, E., Chairunnisa, K., Tasminatun, S., & Rizqiea, N. S. (2022). Edukasi Kosmetik dan Pendampingan Cegah Stress Dini pada Usia Anak Sekolah Dasar Dengan Metode Cognitive. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 1031-1038.
Nahar, V. K., Ford, M. A., Boyas, J. F., Brodell, R. T., Hutcheson, A., Davis, R. E., & Biviji-Sharma, R. (2014). Skin cancer preventative behaviors in state park workers: a pilot study. Environmental health and preventive medicine, 19(6), 467-474.
Ponte, V. P. D. (2018). Beleza, produção e normalização do corpo em narrativas de crianças. Civitas-Revista de Ciências Sociais, 18, 153-170.
Rofiki, I., & Famuji, S. R. R. (2020). Kegiatan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan untuk Membiasakan PHBS bagi Warga Desa Kemantren. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 628-634.
Utoyo, B., & Yuwono, P. (2022, June). Hubungan Tingkat Pengetahuan Kandungan Krim Pemutih Penyebab Kanker Kulit Dengan Perilaku Pencegahan Penggunaan Pada Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Gombong. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 449-454).
Velasques, K., Michels, L. R., Colome, L. M., & Haas, S. E. (2016). Educational activities for rural and urban students to prevent skin cancer in Rio Grande do Sul, Brazil. Asian Pacific Journal of Cancer Prevention, 17(3), 1201-1207.
Wedayani, N., & Hidajat, D. (2022). Edukasi tentang Pengenalan Tanda Gejala, Pencegahan dan Penanganan Kanker Kulit Sebagai Dampak Paparan Sinar Matahari dan Penggunaan Kosmetik Berbahan Kimia Berbahaya di Poli Kulit Rumah Sakit Akademik Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 223-226.