Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Percontohan sebagai Edukasi Pemanfaatan Pada Masyarakat Dusun Jambua

  • Dian Ihwana Ansyar Program Studi Kesehatan Masyarakat,Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar
    (ID)
Keywords: Pengetahuan, pemanfaatan toga, tanaman obat keluarga

Abstract

Pemanfaatan tanaman obat keluarga merupakan alternatif pengobatan dan perawatan mandiri dengan menggunakan tanaman obat berkhasiat. 90,3% masyarakat di dusun Jambua mengkonsumsi ramuan buatan sendiri. Namun ternyata mayoritas masyarakat di dusun jambua tidak mengetahui bahwa ramuan buatan sendiri itu sudah termasuk pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) dan sekitar 53,8% masyarakat tidak memanfaatkan tanmaan obat keluarga. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan sekaligus membuat toga percontohan bagi keluarga dusun Jambua. Kegiatan penyuluhan kesehatan ini dilaksanakan pada hari Rabu-kamis,15-16 Desember 2021 di Dusun Jambua, Kec. Cenrana Kab. Maros. Metode kegiatan dilakukan dengan praktik langsung pembuatan tanaman obat keluarga percontohan yang dilakukan di Halaman Masjid. Hasil kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan baik karena masyarakat telah memiliki pengetahuan mengenai pemanfaatan tanaman obat keluarga dan dapat memanfaatkan tanaman obat keluarga sebagai ramuan buatan sendiri. Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat dapat membuat sendiri tanaman obat sendiri di halaman rumah sebagai pencegahan maupun pengobatan alternatif bagi
keluarga.

References

Adiyasa, Mochamad Reiza and Meiyanti. 2021. Jurnal Biomedika dan Kesehatan. Pemanfaatan obat tradisional di Indonesia: distribusi dan faktor demografis yang berpengaruh, 4(3):130-138.
Agusria, Lesi. Et al. 2021. Penyuluhan Pemanfaatan Tanaman Sebagai Alternatif Obat Keluarga di Kelurahan Talang Jambe Kota Palembang. nternational Journal of Community Engagement, 1(2): 90-95
Ismail. 2015. Faktor yang memengaruhi keputusan masyarakat memilih obat tradisional di Gampong Lam Ujong. Idea Nursing Journal. 6:7-14.
Kemenkes RI. 2007. Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia 381/Menkes/SK/ III/2007: Kebijakan Obat Tradisional Nasional (KOTRANAS). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemenkes RI. 2011. 100 Top Tanaman Obat Indonesia. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional
Kementan RI. 2015. Buku Saku Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian.
Riskesdas. 2010. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Riskesdas 2010. Kemeskes
Riskesdas. 2018. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 13.
Kementerian Pertanian. 2015. Buku Saku Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian.
Syahadat, Anwar Dan Susi Yanti. 2020. Penyuluhan Penanaman Tanaman Obat Keluarga di Desa Labuhan Labo. Jurnal Education and developmentInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan. 8(1):428-430.
Published
2022-08-31
How to Cite
Ansyar, D. I. (2022). Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Percontohan sebagai Edukasi Pemanfaatan Pada Masyarakat Dusun Jambua. Sociality: Journal of Public Health Service , 1(1), 80-84. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/sjphs/article/view/35541
Section
Artikel
Abstract viewed = 86 times