Papan Wicara sebagai Media Promosi Kesehatan Larangan Merokok Pada Siswa Sekolah Dasar

  • Dian Ihwana Ansyar Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Neger Alauddin Makassar, Makassar
    (ID)
Keywords: Papan Wicara, Perilaku Merokok, Media Promosi Kesehatan

Abstract

Peningkatan perilaku merokok cenderung dimulai dari usia semakin muda saat ini. Perilaku merokok cenderung lebih banyak terjadi pada usia muda tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan.  pendidikan kesehatan memiliki efek yng signifikan terhadap perubahan tingkat pengetahuan remaja tentang dampak bahaya merokok. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan peringatan pada anak siswa SDN 171 Kaluku terkait bahaya merokok melalui pembuatan papan dan pemasangan papan wicara yang didukung oleh penyuluhan kesehatan. Kegiatan penyuluhan kesehatan ini dilaksanakan pada hari kamis-jumat,16-17 Desember 2021 di Dusun Jambua, Kec. Cenrana Kab. Maros. Metode kegiatan dilakukan dengan pembuatan dan pemasangan papan wicara di sekitar area SDN 171 Kaluku Dusun Jambua. Hasil kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan baik karena siswa SDN 171 mengetahui bahaya merokok melaui penyuluhan dan dapat teredukasi melalui papan wicara sebagai media promosi kesehatan tentang larangan merokok.  Tim pengabdian dan masyarakat Dusun Jambua berharap upaya yang dilakukan ini dapat mengurangi perilaku merokok di Dusun Jambua khusunya pada anak-anak dan remaja.

References

Ambarwati & dkk. 2014. media leaflet, video dan pengetahuan siswa SD tentang bahaya merokok. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10 (1)

Dina, E., dan Novia, S. 2021. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kebiasaan Merokok Dalam Rumah. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 150-161

Drope, Jeffrey et al. 2018 The Tobacco Atlas.
Gobel, Satria., dkk. 2020. Bahaya Merokok Pada Remaja. Jurnal Abdimas, 7(1).

Isa,L,&dkk. 2017. Hubungan tipe kepribadian, peran orang tua dan saudara,peran teman sebaya, dan peran iklan rokok dengan perilaku merokok pada siswa smp negeri 9 kendari tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(7).

Kemenkes RI. 2018. Hasil Utama Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Republik Indonesia.

Prihatiningsih, D., Devhy, N. L. P., Purwanti, I. S., Bintari, N. W. D., & Widana, A. G. O. 2020. Penyuluhan Bahaya Rokok Untuk Meningkatkan Kesadaran Remaja Mengenai Dampak Buruk Rokok Bagi Kesehatan Di Smp Tawwakal Denpasar. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3(1), 50–58.

Umniyatun, Y., Nurmansyah, M. I., Maisya, I. B., & Al Aufa, B. 2019. Analisis Kebijakan dan Program Pencegahan Perilaku Merokok pada Sekolah Muhammadiyah di Kota Depok. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 29(2), 123-134.
Published
2022-08-31
How to Cite
Ansyar, D. I. (2022). Papan Wicara sebagai Media Promosi Kesehatan Larangan Merokok Pada Siswa Sekolah Dasar. Sociality: Journal of Public Health Service , 1(1), 85-89. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/sjphs/article/view/35577
Section
Artikel
Abstract viewed = 236 times