Hubungan Antara Motivasi dan Kemampuan Akademik dalam Proses Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Indonesia Timur

  • Nurhayati Nurhayati
    (ID)

Abstract

Motivasi yang dimiliki mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Indonesia Timur Makassar  umumnya  terdapat  pada  kriteria  tinggi.  Hal  ini dapat dilihat dari sebelas indikator, ada sembilan indikator yang terdapat dalam kriteria tinggi, satu indikator terdapat dalam kriteria sangat tinggi dan satu indikator terdapat dalam kriteria cukup. Indeks Prestasi yang diperoleh mahasiswa rata-rata berada dalam kategori sangat memuaskan. Dalam  variabel  proses  penulisan  skripsi,  rata-rata  mahasiswa  Fakultas Agama Islam Universitas Indonesia Timur Makassar berada dalam krteria tinggi. Dari tujuh indikator yang ada, empat indikator berada dalam kriteria tinggi dan tiga indikator berada dalam kriteria cukup. Ada hubungan signifikan antara motivasi dengan proses penulisan skripsi pada mahasiswa  Fakultas Agama Islam Universitas Indonesia Timur Makassar Tahun Ajaran 2012. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis korelasi dimana diperoleh harga thitung = 3,266 m> ttabel = 1,99 pada α = 5% dengan dk = 95. Dengan demikina semakin besar motivasi mahasiswa dalam menulis skripsi akan semakin cepat menyelesaikan skripsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 1997 . Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

H. C. Witherington, 1985. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Aksara Baru.

Komaruddin., Prof. 2000. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta : BumiAksara.

Ngalim, 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Gramedia.

Prayitno, Elida. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung : CV Pustaka Setia.

Suciati, 1997. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Depdikbud

Suryabrata, Sumadi. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Syach, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Syach, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.

Tilaar, H.A.R. 1998. Pembelajaran Memasuki Era Kesejagatan. Jakarta : PT Sinar Agape Press.

Tilaar. H. A. R. 1991. Penelitian Dalam Sektor Pendidikan Yang Memiliki Dampak Makro. Yogyakarta : Lemlit IKIP Yogyakarta.

Tim Penyunting Kamus. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Usaman, H. I, P . S. Akbar, 1995. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung : Bumi Aksara.

Walgito, Bimo. 1992. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset.

Winarsunu, Tulus. 2002. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Published
2013-12-01
How to Cite
Nurhayati, N. (2013). Hubungan Antara Motivasi dan Kemampuan Akademik dalam Proses Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Indonesia Timur. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 8(2), 171-178. https://doi.org/10.24252/.v8i2.1290
Section
Artikel
Abstract viewed = 663 times