Perubahan Sistem Nilai dan Budaya dalam Pembangunan

  • wahyuni wahyuni Jurusan Filsafat dan Ushuluddin
    (ID)

Abstract

Nilai-nilai di dalam masyarakat diperlukan untuk menentukan tindakan atau sikap yang dianggap baik. untuk dapat mengerti tentang sistem nilai maka diketahui tentang fungsi nilai dalam kehidupan masyarakat. berdasarkan atas nilai-nilai maka di susun norma-norma yang menyatakan mana yang dianggap baik dan mana yang dianggap kurang baik. Demikian pula berdasarkan nilai-nilai timbul kepercayaan-kepercayaan. Dalam pelaksanaan pembangunan banyak terjadi perubahan-perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk perubahan sistem nilai dan budaya. Perubahan masyarakat adalah suatu proses diferensiasi dan integrasi yang berlangsung terus-menerus melalui tahap tertentu. Faktor individu sebagai penyebab perubahan sosial yakni berupa nilai-nilai yang dimiliki oleh warga masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulsyani, Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan, Jakarta : Bumi Aksara, 1999.

Arief, Sritua, Kebutuhan Dasar dan Keadilan Sosial Dalam Strategi Pembangunan, dalam Sofyan Effendi, Safri Sairin, M. Alwi Dahlan, ed, Membangun Martabat Manusia, Yokyakarta : Gadjah Mada University Press, 1999.

Berry, David, Pokok-Pokok Pikiran Dalam Sosiologi, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 1995.

Conyers, Diana, Perencanaan Sosial di Dunia Ketiga, Suatu Pengantar, Terjemahan, Yokyakarta : Gadjah Mada University Press, 1994.

Cox, E, Empowerment Intervention in Aging, dalam Social Work With Group, Vol. 11 (4).

Ginanjar, Kartasasmita, Pembagunan Untuk Rakyat : Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan, Jakarta : PT. Pustaka Cidesindo, 1996.

Gunarwan, Suratmo, Masyarakat Desa di Indonesia, Yokyakarta : Gajah Mada University Press, 1992.

Horton, Paul dan Hunt, Chester L, Sociology, Kogakush Graw Hill, 1980.

Horton, Paul B, Sosiologi, Jilid 1, Terjemahan Amiruddin Ram dkk, Jakarta : Erlangga, 1987.

Johnson, Doyle Paul, Teori Sosiologi Klasik dan Modern,diterjemahkan oleh Robert M.Z. Lawang, Jakarta : PT Gramedia, 1986.

Kartasasmita, Ginandjar, Pemberdayaan Masyarakat : Pembangunan yang Berakar Pada Masyarakat, Jakarta : Bappenas, 1996

Kuntjorojakti, Dorojatun, (ed), Kemiskinan di Indonesia, Jakarta : Yayasan Obor, 1986

Published
2016-09-27
How to Cite
wahyuni, wahyuni. (2016). Perubahan Sistem Nilai dan Budaya dalam Pembangunan. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 205-214. https://doi.org/10.24252/.v6i2.1417
Section
Artikel
Abstract viewed = 2974 times