KONVERSI AGAMA DAN FAKTOR KETERTARIKAN TERHADAP ISLAM (STUDI KASUS MUALLAF YANG MEMELUK ISLAM DALAM ACARA DAKWAH DR. ZAKIR NAIK DI MAKASSAR)

  • Saftani Ridwan
    (ID)

Abstract

Fenomena konversi agama di Indonesia menjadi hal yang biasa terutama sejak kebebasan beragama dijamin oleh undang-undang. Tren ini berkembang dari tahun ke tahun khususnya dari agama Kristen ke agama Islam. Terjadi peningkatan populasi jumlah penganut Islam di beberapa wilayah di Indonesia walaupun di beberapa wilayah lain juga terjadi penurunan populasi. Hal ini juga terjadi di wilayah mayoritas berpenduduk muslim seperti kota Makassar. Hal menarik untuk diteliti adalah bahwa ditengah isu beberapa media asing yang menstigmatisasi Islam sebagai agama yang mengajarkan kekerasan ternyata tidak menyurutkan minat orang-orang non muslim untuk memeluk agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan studi kasus para muallaf yang memeluk Islam dalam kegiatan dakwah DR. Zakir Naik di Baruga Pettarani UNHAS Makassar pada 10 April 2017. Penelitian yang menggunakan metode kualitatif dalam analisis data ini selain mendeskripsikan juga melakukan analisis SWOT, yaitu analisis kelebihan, kekurangan, peluang dan hambatan terhadap masalah konversi agama khususnya dari non Islam ke Islam. Dalam penelitian ini ditemukan hasil bahwa faktor-faktor yang dominan menyebabkan non muslim memeluk Islam adalah proses berfikir ilmiah dan rasional serta perenungan mendalam dalam pencarian kebenaran akibat kebingungan dan kekecewaan terhadap agama sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atabik, Ali dan Ahmad, Zuhdi Muhdlor, Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, (Multi Karya Grafika – 2000).

Lexy Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Remadja Karya Bandung - 2001.

Nasution, S, Metode Research (Penelitian Ilmiah), Bumi Aksara Jakarta 2009.

Ali, Sayuthi, Metodologi Penelitian Agama, Raja Grafindo Persada Jakarta, 2002.

Bachtiar, Wardi, Metodologi Penelitian Ilmu dakwah, Penerbit Logos cetakan II, 1997.

Irawan, Prasetya, Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, cetakan 1, 2006.

Mandzhur, Ibnu, Lisanul Arab Juz 1, Daar Ihyaa al-Turaats al-Araby, Beirut - Libanon 1999.

Rambo R.Lewis, Understanding Religious Conversion, London, Yale University Press, 1993

H.Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: PT Raja Grafindo, tahun 2010

Muhammad Ridwan, Saftani, Pola dan Strategi Pembinaan Muallaf, Penerbit Qumran Foundation dan Arimatea Sulsel, tahun 2015.

http://eprints.undip.ac.id/

http://mariatulannisa.blogspot.com/2014/01/psikologi-agama-studi-kasus-konversi.html/

Project DR.Zakir Naik Visit Indonesia - Chapter Makassar, FUIB SulSel, Maret 2017.

Published
2017-10-05
How to Cite
Ridwan, S. (2017). KONVERSI AGAMA DAN FAKTOR KETERTARIKAN TERHADAP ISLAM (STUDI KASUS MUALLAF YANG MEMELUK ISLAM DALAM ACARA DAKWAH DR. ZAKIR NAIK DI MAKASSAR). Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 11(1), 1 - 18. https://doi.org/10.24252/.v11i1.3543
Section
Artikel
Abstract viewed = 2237 times