SOSIAL MEDIA SEBAGAI PASAR BAGI MASYARAKAT MODERN (SEBUAH KRITIK TERHADAP BUDAYA POPULER)

  • Varatisha Anjani Abdullah Universitas Pamulang Tangerang Selatan Banten

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat perubahan perilaku masyarakat modern karena pengaruh internet. Perubahan pola perilaku itu akan terlihat pada terbentuknya pasar-pasar digital bermediumkan internet atau yang lebih dikenal dengan nama online shopping yang masuk ke dalam budaya populer. Budaya populer terbentuk pasca terbentuknya juga era industri. Era industri disebabkan salah satunya oleh perkembangan teknolgi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang diwakili dengan adanya internet. Kehadiran internet memang telah banyak merubah tatanan hidup masyarakat. Perkembangan teknologi telah membuat manusia masuk ke dalam era digital, di mana semua dilakukan dengan bantuan perangkat elektronik dan digital. Salah satunya yang mengalami perubahan ialah terbentuknya pasar baru, yakni pasar digital melalui kehadiran sosial media. Semua itu adalah bagian dari budaya populer yang menjadikan manusia memiliki hubungan erat dengan kegiatan konsumsi. Barang-barang yang dikonsumi melalui aktivitas virtual di dunia maya menjadi identitas sosial baru sebagai masyarakat modern yang dinamis. Penciptaan kebutuhan yang dilakukan di dunia virtual membuat manusia memiliki hasrat-hasrat untuk mengkonsumsi barang yang belum tentu di butuhkan dalam kesehariannya. Inilah memang tujuan dari sistem kapitalisme yang ingin menjadikan manusia sebagai budaknya.

References

Amir Piliang, Yasraf, 2004. Dia yang dilipat : Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung : Jalasutra.

Assael, H. 1998. Consumer Behavior and Marketing Action 6th edition. NewYork : International Thomson Publishing.

Bakardjieva, Maria, 2005. Internet Society: The Internet in Everyday Life. London: Sage Publications.

Baudrillard, Jean. 1998. The Consumer Society. London. Sage Publication

Baudrillard, Jean P, 2004. Diterjemahkan oleh Wahyunto. Masyarakat Konsumsi.

Jogjakarta : Kreasi Wacana.

Feathersone, Mike, 1992. Consumer Culture and Posmodernism. London : Sage Publications

Goffman, Erving 1959.Presentation of Self in Everyday Life. New York: Doubleday Anchor Books.

Strinati, Dominic, 2016. Populer Culture Pengantar Menuju Teori Budaya Populer. Yogyakarta: Narasi.

Sumber Internet

Instagram: @jualhermesasli. Diunduh pada 6 April 2017

Published
2018-04-16
How to Cite
Abdullah, V. A. (2018). SOSIAL MEDIA SEBAGAI PASAR BAGI MASYARAKAT MODERN (SEBUAH KRITIK TERHADAP BUDAYA POPULER). Jurnal Dakwah Tabligh, 18(1), 116-130. https://doi.org/10.24252/jdt.v18i1.2870
Section
Vol. 18 No.1 Juni 2017
Abstract viewed = 2497 times